UNTUK INDONESIA
Positif Covid-19, PSS Beri Dukungan Wander Luiz
PSS Sleman memberi dukungan kepada pemain Persib Bandung Wander Luiz yang positif Covid-19. Pemain PSS sendiri negatif virus itu.
PSS Sleman memberi dukungan kepada pemain Persib Bandung Wander Luiz (kanan) yang positif Covid-19. PSS saat dikalahkan Persib 2-1 dalam laga di Stadion Si Jalak Harupat, Kab Bandung, Minggu, 15 Maret 2020. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

Sleman - PSS Sleman memberi dukungan kepada pemain Persib Bandung Wander Luiz yang positif Covid-19. Sementara, pemain PSS dinyatakan negatif meski di laga terakhir sebelum dihentikan kompetisi Shopee Liga 1 2020, mereka menghadapi Persib yang diperkuat Luiz.

PSS menelan kekalahan 2-1 saat menghadapi Persib dalam laga di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu, 15 Maret 2020. Di pertandingan itu, Luiz turut mencetak gol bagi Maung Bandung. 

Selanjutnya, kompetisi dihentikan oleh Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan demi mencegah penyebaran virus corona. Tidak hanya Liga 1 tetapi juga Liga 2 yang sesungguhnya baru memulai kompetisi. Bahkan ada tim yang belum bertanding sama sekali.

Ini untuk deteksi dini dan pencegahan virus Covid-19. Hasilnya semua sehat baik-baik saja. Tidak ada indikasi terkena infeksi dari virus dan bakteri apa pun

Usai menghadapi PSS, para pemain Persib kemudian menjalani tes corona. Hasilnya semua negatif. Namun saat tim melakukan tes kedua, Kamis, 26 Maret 2020, hanya Luiz yang dinyatakan positif. 

Pemain asal Brasil ini menjadi pesepak bola pertama yang bermain di Indonesia yang positif Covid-19. Menanggapi hal itu, PSS memberi dukungan kepada Luiz yang menjalani perawatan. 

"Jika saat ini ada pemain Persib yang sudah positif terkena Covid 19, kami mendoakan semoga cepat sembuh. Kami berharap pemainnya pulih kembali," kata Johannes Sugianto, Humas PT PSS yang menaungi klub PSS di Sleman, Sabtu, 28 Maret 2020. 

Seperti halnya Persib, para pemain PSS juga menjalani pemeriksaan setelah pulang dari Bandung. Mereka diperiksa di rumah sakit swasta pada Jumat, 20 Maret 2020. Menurut Johannes ini merupakan screening dini terhadap pemain dengan pengambilan sampel darah, foto thorax untuk pemeriksaan paru-paru, vaksin influenza dan pemberian vitamin untuk imunitas tubuh. 

"Ini untuk deteksi dini dan pencegahan virus Covid-19. Hasilnya semua sehat baik-baik saja. Tidak ada indikasi terkena infeksi dari virus dan bakteri apa pun," ujar dia.

Usai menjalani pemeriksaan, pemain PSS kemudian melakukan isolasi mandiri. Apalagi pemerintah sudah memberi imbauan agar warga tetap tinggal di rumah. Dengan demikian, mereka minimal tidak akan menularkan atau ketularan virus corona.
 
Menurut keterangan dr Elwizan Aminudin, sebagai dokter tim tidak ada pemain yang mengeluhkan gejala Covid-19. Meski demikian, pemain harus tetap waspada dan menjaga kebersihan diri serta tetap berada di rumah 

"Bila situasi sudah kondusif, ke depan ada baiknya dilakukan screening kembali. Bahkan bila perlu tes Covid 19 jika peralatannya sudah tersedia," kata Johannes lagi.

PSS mengawali kompetisi dengan hasil tak memuaskan. Dari 3 laga pertama, tim Elang Jawa hanya mampu meraih 1 poin setelah bermain imbang 0-0 melawan PS Tira Persikabo di kandang sendiri. Pada 2 laga tandang melawan PSM Makassar dan Persib, tim asuhan Dejan Antonic dipaksa menyerah 2-1.

Hasil buruk itu menjadikan PSS berada di papan bawah klasemen sementara. Mereka berada di zona degradasi dengan menduduki peringkat 16. []

Berita terkait
Kronologi Wander Luiz Persib Diserang Virus Corona
Wander Luiz pemain sepak bola yang merumput di klub Persib Bandung, dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau Covid-19, usai dari Bali.
Siapa Wander Luiz, Pemain Bola Indonesia Pertama Positif Corona
Wander Luiz, striker Persib Bandung, pesepak bola Indonesia pertama positif terjangkit virus corona Covid-19. Ini profil lengkapnya.
Laga Persib Bandung vs PSS Sleman Tanpa Penonton
Gubernur Jabar, M Ridwan Kamil, sarankan laga Persib Bandung vs PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kab Bandung, 15 Maret 2020, tanpa penonton
0
Imbas Covid-19, Relaksasi Kredit BRI Capai Rp 57 T
BRI menyatakan bakal terus memberikan fasilitas restrukturisasi kredit bagi nasabah perseroan yang terimbas pandemi virus corona.