UNTUK INDONESIA

Polri: Rangkaian Acara Rizieq Mengarah ke Dugaan Pidana

Polri mengklaim bahwa rangkaian acara yang dihadiri oleh Rizieq Shihab mengarah ke dugaan pidana.
Rizieq Shihab pentolan FPI yang sebabkan kerumunan saat pandemi. (Tagar/Facebook)

Jakarta - Sejumlah pihak dipanggil polisi terkait terselenggaranya acara Rizieq Shihab yang menimbulkan kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyampaikan, pemeriksaan tersebut jelas mengejar titik terang atas dugaan tindak pidana yang terjadi.

Dari klarifikasi tersebut penyidik akan melakukan gelar perkara, dari hasil penyelidikan ini apakah cukup adanya bukti permulaan untuk dinaikkan ke penyidikan. Kita sama-sama tunggu,

"Mengarahnya adalah peristiwa pidana, apa yang sudah terjadi. Ini yang dilakukan penyidik Polda Metro Jaya yang saat ini melakukan klarifikasi terhadap orang-orang yang mengetahui, melihat, mendengar langsung kejadian tersebut, mengalami langsung kejadian tersebut, maka dipanggil," tutur Awi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 17 November 2020.

Awi menyebut, penyidik akan menggali berbagai keterangan dan mengumpulkan alat bukti dalam penyelidikan tersebut. "Dari klarifikasi tersebut penyidik akan melakukan gelar perkara, dari hasil penyelidikan ini apakah cukup adanya bukti permulaan untuk dinaikkan ke penyidikan. Kita sama-sama tunggu," ujar dia.

Diketahui Polda Metro Jaya memanggil 10 orang saksi terkait potensi pidana pelanggaran protokol kesehatan atau prokes terkait kerumunan acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Syihab dan acara Maulid Nabi.

"Tidak hanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hari ini diperiksa. Ada 9 orang lainnya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya.

Yusri merinci, sembilan orang diperiksa hari ini selain Anies adalah Wali Kota Jakarta Pusat, Kabiro Hukum, Kepala KUA Tanah Abang, camat setempat, Ketua RT setempat, Ketua RW setempat, Kasatpol PP, Babinkamtibmas, dan Lurah Petamburan.

"Kendati, Lurah Petamburan saat kami lakukan swab antigen menunjukkan hasil reaktif positif Covid-19. Sehingga yang bersangkutan ditindak lebih lanjut di RS Polri Kramatjati untuk penanganan," ujar Yusri.

Anies mendatangi markas Polda Metro Jaya. Dia datang untuk memberikan klarifikasi terkait kerumunan massa Rizieq Shihab beberapa hari lalu.

"Hari ini saya datang ke mapolda sebagai warga negara untuk memenuhi undangan dari polda," kata Anies di Mapolda Metro Jaya.

Anies sebelumnya menyatakan, Pemprov DKI telah berupaya mencegah kerumunan acara Rizieq Syihab dengan cara mengingatkan panitia. []

Baca juga:

Berita terkait
Tegas, Mabes Polri Tidak Akan Izinkan PA 212 Reuni di Monas
Markas Besar Kepolisian RI (Mabes Polri) secara tegas menyatakan tidak akan memberikan izin keramaian terkait kegiatan reuni PA 212 di Monas.
PDIP Desak FPI Minta Maaf Viral Doa Jokowi - Megawati Umur Pendek
Politisi PDI Perjuangan (PDIP) Muchamad Nabil Haroen minta FPI minta maaf terkait viral Jokowi dan Megawati didoakan berumur pendek.
Geram dengan FPI, Warganet Serbu @aniesbaswedan
Akun Instagram Anies Baswedan dibanjiri komentar warganet yang mempertanyakan komitmen Gubernur DKI Jakarta dalam menerapkan protokol kesehatan.
0
Polri: Rangkaian Acara Rizieq Mengarah ke Dugaan Pidana
Polri mengklaim bahwa rangkaian acara yang dihadiri oleh Rizieq Shihab mengarah ke dugaan pidana.