Polri: Insiden Kerumunan Suporter Jangan Terulang di Liga 1

Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto, memberi sinyal pihaknya mendukung bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 musim ini.
Ilustrasi kerumunan suporter sepak bola. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol. Imam Sugianto, memberi sinyal pihaknya mendukung bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 musim ini. Namun, Imam berharap insiden kerumunan suporter seperti yang terjadi usai Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021 tak terulang di Liga 1.

Mudah-mudahan ini bisa kami kelola dengan baik pengamanannya. Sehingga betul-betul protokol kesehatan di tengah pandemi bisa diterapkan sehingga Liga 1 dan Liga 2 bisa sukses.

Insiden saat itu melibatkan suporter yang melakukan kerumunan di bundaran Hotel Indonesia usai Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021. Polri, akhirnya menetapkan empat tersangka sebagai otak terjadinya pelanggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro DKI Jakarta itu.

"Mohon, kalau bisa tidak terulang lagi. Mohon menjadi pembelajaran berharga sehingga penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 nanti tidak dikotori dengan hal-hal yang menjadi kontraproduktif," tuturnya berdasarkan keterangan resmi Rabu, 26 Mei 2021.

Para suporter, diharap kembali menahan diri untuk berkerumun dalam rangka kegiatan nonton bareng dan sebagainya. Ini, dilakukan untuk bisa menyukseskan kompetisi yang rencananya bergulir sampai Maret 2022.

"Mari kita sukseskan Liga 1 dan Liga 2. Mudah-mudahan bisa kita kelola dengan baik," seru Imam.

Sementara PSSI, saat ini tinggal menunggu izin keramaian dan pertandingan Liga 1 dan Liga 2 dari Polri. Kabarnya, izin tersebut dalam tahap penyelesaian dan akan terbit pada Kamis, 27 Mei 2022.

Asops Kapolri juga menyebut, pihaknya bakal menjadikan Piala Menpora 2021 dalam mengelola keamanan untuk Liga 1 dan Liga 2. Ini, dilakukan karena turnamen pramusim ini bisa digelar dengan lancar dan aman. Tetapi, Imam menyebut bakal ada sedikit penambahan untuk pengamanan. Hal itu lantaran durasi kompetisi Liga 1 dan Liga 2 lebih lama dari Piala Menpora.

"Terkait dengan pengamanan, belajar dari penyelenggaraan Piala Menpora yang lalu, alhamdulillah sukses dan itu akan menjadi acuan untuk penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2. Tentunya dengan peningkatan-peningkatan kapasitas karena penyelenggaraan punya waktu cukup lama," tegasnya.

"Mudah-mudahan ini bisa kami kelola dengan baik pengamanannya. Sehingga betul-betul protokol kesehatan di tengah pandemi bisa diterapkan sehingga Liga 1 dan Liga 2 bisa sukses," Sambung Imam. []

Berita terkait
Polri Rilis Telegram Soal Sosialisasi Pelat Kendaraan Khusus DPR
Pelat nomor ini, memiliki ciri logo DPR RI dengan bentuk persegi panjang dan berwarna dasar hitam pada kolom nomor.
TNI dan Polri Terus Kejar Kelompok Teroris MIT di Sulteng
Polda Sulteng ungkapkan upaya pengejaran kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) terus dilakukan oleh personel TNI-Polri
Kapolri dan Panglima TNI Luncurkan Hotline 110 Pelayanan Masyarakat
Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri launching layanan polisi 110 Pelayanan Masyarakat.
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Selasa 1 Juni 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan, kilat, petir, dan angin kencang, di wilayah Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan jaktim.