UNTUK INDONESIA
Polres Jayapura Dikukuhkan Menjadi Polresta
Markas Polres Jayapura Kota akhirnya dikukuhkan menjadi Polres Kota (Polresta).
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat mengukuhkan Mapolresta Jayapura Kota, Kamis 27 Februari 2020. (Foto: Tagar/Polresta Jayapura)

Jayapura - Markas Polres Jayapura Kota akhirnya dikukuhkan menjadi Polres Kota (Polresta). Pengukuhan ini dilakukan Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kamis 27 Februari 2020. Bunyi sirene menandai prosesi pengukuhan.

Waterpauw menandatangani prasasti Mapolresta Jayapura Kota dan disaksikan sejumlah pejabat utama Polda Papua dan Pejabat Sementara (PS) Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav Robby Urbinas.

Dalam sambutannya, Waterpauw mengaku terharu dan bahagia berdiri di Mapolresta Jayapura Kota. Dia merasakan seperti bernostalgia saat 15 tahun yang lalu, ketika menjabat Kapolres di kantor itu.

Situasi ini sangat tepat menaikan tipe Polres Jayapura Kota menjadi Polresta Jayapura Kota.

“Saya berbangga hati dan bahagia melihat Polres yang dahulu pernah saya pimpin sudah naik menjadi Kepolisian Resort Kota,” ucapnya seraya mengingat kembali anggotanya yang bersama-sama menangani berbagai persoalan dan tantangan tugas di Kota Jayapura.

Waterpauw menjelaskan, pengukuhan ini sesuai kebutuhan organisasi kepolisian di ibu kota Papua. Selain menjadi pusat pemerintahan, Kota Jayapura juga merupakan urat nadi perekonomian dan pendidikan yang memikat banyak orang dari berbagai daerah.

Di samping itu, ranking kriminalitas tertinggi di Papua menjadi pertimbangan dalam perubahan tipe Polresta. Mulai dari kejahatan konvensional hingga kejahatan transnasional yang terus merangkak naik dan perlu dicermati.

“Kota ini akan menjadi tempat perhelatan PON XX, meskipun tidak melaksanakan Pilkada, namun dapat berdampak keamanan. Situasi ini sangat tepat menaikan tipe Polres Jayapura Kota menjadi Polresta Jayapura Kota, berdasarkan keputusan Kapolri Nomor KP/1899/X/2019,” jelasnya.

Peningkatan status dari Polres menjadi Polresta secara otomatis akan merubah struktural dan organisasi kepolisian di Kota Jayapura. Misalnya, jabatan Kapolresta yang sebelumnya dipimpin Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

“Saat ini pimpinan mempercayakan kepada AKBP Gustav Urbinas, walaupun masih bersifat PS (Pejabat Sementara), tetapi nanti akan dinaikan menjadi Kombes, begitupun satuan di bawahnya akan ada penyesuaian,” ujarnya.

Waterpauw mengingatkan Kapolresta dan jajaran agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat seiring dengan peningkatan status. Bahkan, kerja anggota Polresta minimal dua kali lebih aktif ketimbang anggota di Polres wilayah lain.

Jenderal kelahiran Fakfak, Papua Barat itu pun berpesan kepada Polresta jajaran agar meningkatkan kegiatan kepolisian dalam mensukeskan Pilkada dan PON XX. “Tantangan tugas ke depan akan semakin panas, maka itu anggota Polresta harus siap,” pesannya. []

Berita terkait
Comvalius, Mesin Gol Harapan Persipura Jayapura
Striker Sylvano Comvalius bakal menjadi tumpuan lini depan Persipura Jayapura di kompetisi Liga 1 2020. Tekad sama disampaikan Comvalius.
Polisi Jayapura Amankan Empat Senjata Ilegal
Kepolisian Jayapura berhasil mengamankan empat pucuk senjata dalam giat patroli motor di Sistrik Heram. Lima orang diduga pemilik senjata diperiksa
18 Terdakwa Rusuh Jayapura Dibebaskan
Sebanyak 18 orang dari 25 orang terdakwa demonstrasi yang berakhir rusuh di Jayapura dibebaskan. Ini alasannya
0
Jadwal Imsak dan Buka Puasa DKI Jakarta, 1 Mei 2020
Berikut jadwal lengkap imsak, jam salat, dan buka puasa hari ini Jumat 1 Mei 2020, untuk wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya