UNTUK INDONESIA

Polisi Sebut Akan Panggil Rizieq: Pelan-pelan

Yusri Yunus menyebut pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab akan turut dimintai keterangan polisi terkait kerumunan massa.
Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tiba di Bandara Soekarno-Hatta setelah menetap beberapa tahun di Arab Saudi. (Foto: Tagar/Anton Raharjo via Getty Images)

Jakarta - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab akan turut dimintai keterangan polisi terkait kerumunan massa dalam acara pernikahan putrinya sekaligus peringatan Maulid Nabi.

"Ini arah ke sini dulu, kita arahnya ke sini, jangan saya bilang kemarin mau ke Blok M, langsung loncat ke sana. Pelan-pelan ya," ujar Yusri kepada wartawan saat ditanyai rencana meminta keterangan dari Rizieq, Selasa, 17 November 2020.

Ada beberapa yang minta diundur besok. Seperti saksi nikah. Karena kita ada tiga elemen (yang diklarifikasi) di sini

Yusri menyampaikan, pihaknya telah melayangkan surat undangan klarifikasi terhadap 14 orang dalam kasus ini. Dia berujar, ada 14 orang tersebut, ada sembilan orang yang telah diminta keterangan pada hari ini.

Kesembilan orang itu adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Jakarta Pusat, Kabiro Hukum DKI, Kepala KUA Tanah Abang, Camat Tanah Abang, Ketua RT dan RW, Kasatpol PP serta Bhabinkamtibmas.

"Ada beberapa yang minta diundur besok. Seperti saksi nikah. Karena kita ada tiga elemen (yang diklarifikasi) di sini, pertama dari pemerintah daerahnya, lalu panitia penyelenggaranya dan nanti ada saksi-saksi tamu yang hadir yang kita lakukan klarifikasi," ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat menambahkan undangan klarifikasi yang diberikan, bertujuan untuk menentukan apakah ada tindak pidana dalam peristiwa tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tagar, terdapat laporan polisi dengan nomor LI/279/XI/2020/PMJ/Direskrimum tertanggal 15 November 2020, perihal dugaan terjadinya peristiwa tindak pidana dengan tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan dan menghalangi-halangi penyelenggara kekarantinaan kesehatan, sehingga menyebabkan kedaruratan kesehatan masyarakat.

Adapun Rizieq sebelumnya menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putrinya di kediaman pribadinya di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu malam, 14 November 2020. []

Berita terkait
Rizieq Shihab Siap Datangi Polisi Jika Dipanggil
Rizieq Shihab siap memenuhi panggilan polisi jika suratnya telah disampaikan.
Dipanggil Polisi karena Rizieq Shihab, Begini Reaksi Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi panggilan kepolisian untuk mengklarifikasi terkait kerumunan massa di acara Habib Rizieq Shihab.
Soal Rizieq, Polisi Ungkap Agenda Pemeriksaan Anies Baswedan
Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Pol Argo Yuwono ungkap agenda pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Anies Baswedan terkait acara Rizieq Shihab.
0
Polisi Sebut Akan Panggil Rizieq: Pelan-pelan
Yusri Yunus menyebut pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab akan turut dimintai keterangan polisi terkait kerumunan massa.