Polisi Akan Periksa Kalapas Kelas 1 Tangerang

Kasus ini telah naik tingkat dari penyelidikan ke penyidikan berdasarkan dengan temuan tindak pidana.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. (Foto: Tagar/ANTARA)

Jakarta - Polda Metro Jaya berencana memeriksa Kepala Lapas (Kalapas) Kelas 1 Tangerang, Banten, Victor Teguh Prihartono, di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, pada Selasa, 14 September 2021 besok un mengusut kasus kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang yang telah menewaskan 46 narapidana. 

"Jadwal untuk Kalapas Kelas 1 Tangerang belum ada (hari ini), kita sudah kirim surat dan kita rencanakan besok, Selasa, 14 September 2021 jam 10.00 WIB untuk kita lakukan pemeriksaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, kepada awak media, Senin, 13 September 2021.

Untuk mengusut perkara ini Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap 20 orang saksi yang dari 14 orang pegawai lapas yang bertugas pada waktu kejadian. Kemudian tiga orang pihak PLN serta tiga lainnya dari pemadam kebakaran.

"Mudah-mudahan keseluruhan bisa hadir karena kami jadwalkan jam 10, undangannya mudah-mudahan bisa hadir secepatnya," harp Yusri.

Polda Metro juga melibatkan Polres Tangerang Kota untuk mencari titik terang perihal kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Kota. 




Jadwal untuk Kalapas Kelas 1 Tangerang belum ada (hari ini), kita sudah kirim surat dan kita rencanakan besok, Selasa, 14 September 2021 jam 10.00 WIB untuk kita lakukan pemeriksaan.




Namun, Yusri menegaskan kendalinya tetap ada di Krimum Polda Metro Jaya. Kasus ini telah naik tingkat dari penyelidikan ke penyidikan berdasarkan dengan temuan tindak pidana dalam Pasal 187 dan 188 KUHP terkait Kesengajaan serta pasal 359 KUHP tentang Kelalaian.

"Di sini ada dua dari Polres Tangerang Kota dan Polda Metro jaya yang lakukan pemeriksaan tapi kendali di Krimum Polda Metro Jaya,"  kata Yusri. []



Baca Juga:


Berita terkait
Korban Jiwa Akibat Kebakaran Lapas Tangerang Jadi 46 Orang
Korban mengalami trauma gejala napas karena cukup lama terkepung kobaran api di dalam sel.
Tim DVI Polri Berhasi Identifikasi 4 Korban Kebakaran Lapas
TIM DVI Porli berhasil mengidentifikasi sebanyak empat korban dari kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Banten.
Ditjen Pas Serahkan Satu Jenazah Korban Kebakaran Lapas
Satu jenazah korban kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang atas nama Rudi bin Ong Eng Chue diserahkan kepada pihak keluarga.
0
Polisi Akan Periksa Kalapas Kelas 1 Tangerang
Kasus ini telah naik tingkat dari penyelidikan ke penyidikan berdasarkan dengan temuan tindak pidana.