UNTUK INDONESIA
Polisi Akan Panggil Anji dan Hadi Pranoto
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menyampaikan pihaknya akan memanggil Anji dan Hadi Pranoto soal obat corona
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. (Foto: Antara/Fianda Rassat)

Jakarta - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menyampaikan, pihaknya akan memanggil musisi Erdian Aji Prihartanto atau akrab disapa Anji dan Hadi Pranoto terkait video wawancara keduanya yang dianggap memberikan informasi sesat soal obat virus corona.

Menurut Yusri, pemanggilan itu usai kepolisian menerima laporan yang dibuat Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid. Saat ini, kata dia, polisi tengah melakukan pendalaman terkait laporan tersebut.

Ada beberapa saksi-saksi ahli.

"Laporan sudah kita terima, nanti akan diteliti dulu, baru nanti penyelidikan. Termasuk terlapor Hadi Pranoto sama pemilik akun YouTube 'Dunia Manji' akan kita panggil, kita undang untuk klarifikasi," ujar Yusri saat dihubungi wartawan, Selasa, 4 Agustus 2020.

Baca juga:  PAN: Tindakan Anji - Hadi Pranoto Tak Bisa Ditolerir

Hadi PranotoHadi Pranoto berpose bersama penyanyi Anji. (Foto: Instagram/duniamanji)

Kendati demikian, Yusri akan terlebih dahulu mengklarifikasi Muannas selaku pelapor. Polisi juga akan memeriksa bukti-bukti yang diperkarakan, baru kemudian memintai keterangan saksi ahli.

"Rencana akan kita klarifikasi dulu pelapor dan saksi-saksi dengan membawa bukti-bukti yang ada, kemudian setelah itu nanti ada beberapa saksi-saksi ahli," ucapnya.

Sebelumnya, pengacara sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Cyber Indonesia Muanas Alaidid membenarkan bahwa dirinya telah melaporkan pemilik akun Youtube 'Dunia Manji' dan Hadi Pranoto ke Polda Metro Jaya, Senin malam, 3 Agustus 2020.

Baca juga: Psikolog ke Anji - Hadi Pranoto: Potensi Berita Bohong

Muannas AlaididKetua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Jumat (30/11/2018). (Foto: Tagar/Ronauli Margareth)

Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan atas dugaan tindak pidana menyalahi Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dan atau menyebarkan berita bohong. "Sudah (dilaporkan ke Polda Metro Jaya)," kata Muanas, Senin malam, 3 Agustus 2020.

Laporan polisi tersebut bernomor LP/4538/VIII/YAN2.5./2020/SPKT PMJ dengan pihak terlapor merupakan Hadi Pranoto dan pemilik akun Youtube 'Dunia Manji', Anji. Muanas mempersoalkan video wawancara keduanya lantaran dianggap meresahkan dan diduga menyebarkan berita bohong.

Diketahui, dalam video wawancara Anji, Hadi Pranoto menyebutkan cairan antibodi Covid-19 yang ditemukannya bisa menyembuhkan ribuan pasien positif corona. Hadi Pranoto juga disebut sebagai seorang profesor, pakar mikrobiologi, sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi Covid-19.

Video wawancanya bersama Anji berjudul 'Bisa Kembali Normal? Obat Covid 19 Sudah Ditemukan!! (Part 1)' diunggah di kanal YouTube Dunia Manji pada 31 Juli 2020. Tak lama berselang, setelah menjadi kontroversi, YouTube menghapus video wawancara Anji dengan Hadi Pranoto. []

Berita terkait
Profil Anji, Penyanyi yang Bikin Heboh Perkara Covid
Nama Anji heboh setelah mengunggah video wawancaranya dengan Hadi Pranoto yang disebut profesor dan pakar mikrobiologi.
Anji dan Hadi Pranoto Resmi Dipolisikan Terkait Hoaks
Cyber Indonesia resmi melaporkan musisi Anji dan narasumbernya dalam konten YouTube, Hadi Pranoto, ke kepolisian.
Video Hadi Pranoto Dicekal YouTube, Anji Curhat
Penyanyi Erdian Aji Prihartanto alias Anji mencurahkan isi hatinya mengenai video wawancara bersama Hadi Pranoto yang kena cekal YouTube.
0
Polisi Akan Panggil Anji dan Hadi Pranoto
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menyampaikan pihaknya akan memanggil Anji dan Hadi Pranoto soal obat corona