Indonesia
Polda Sulsel Telusuri Aplikasi FaceApp
Kepolisian daerah Sulawesi Selatan akan menelusuri aplikasi edit foto FaceApp yang membuat wajah orang bisa berubah. Waspadalah bagi anda yang pakai aplikasi ini.
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Polisi Dicky Sondani. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menelusuri aplikasi edit foto FaceApp yang lagi viral sejak beberapa hari belakangan ini di sosial media (sosmed). Polisi sebut akan bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sulawesi Selatan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani saat dikonfirmasi oleh Tagar. Menurutnya, aplikasi ini memang terlihat biasa saja dan ajang lelucon bagi warganet. 

Aplikasi ini bisa saja digunakan oleh para pelaku kejahatan untuk menyamarkan wajah aslinya dalam melancarkan aksi kejahatannya.

"Kita akan berkoordinasi dengan Diskominfo terkait dengan aplikasi yang lagi viral ini. Hal itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan seperti pelaku kejahatan memaafkan aplikasi ini berbuat kejahatan seperti penipuan dan lain-lain," terangnya, Kami 18 Juli 2019, malam.

Meski demikian, Dicky Sondani mengaku pihaknya juga tidak semudah itu untuk tertipu dengan aksi para pelaku kejahatan dengan memanfaatkan aplikasi FaceApp ini. Dan ia mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Sulsel agar tidak mudah terbujuk rayuan oleh seseorang apalagi orang yang tidak dikenalnya.

"Kita jangan terkecoh dengan wajah editan ini, jika terjadi kejahatan yang diduga memanfaatkan aplikasi (FaceApp) maka Polisi bisa koordinasi dengan Disdukcapil untuk mendapatkan muka orang yang riil (asli)," pungkasnya.

Perlu diketahui, aplikasi edit foto FaceApp sedang viral sejak beberap hari belakangan ini. Tagar #AgeChallenge dan #FaceAppChallenge disertai foto editan FaceApp memenuhi linimasa jejaring sosial. Informasi yang dihimpun, aplikasi ini adalah buatan perusahaan Rusia. []

Baca juga

Berita terkait
0
Tewas Sebelum Skripsi, Orang Tua Gantikan Anaknya Wisuda di UNS Solo
Dwi Yan Merbaningrum tak kuasa menahan tangis saat menerima ijazah anaknya Irza Laila Nur Trisna saat upacara wisuda UNS Solo.