UNTUK INDONESIA
Pohon Kanthil Tua Tempat RA Kartini Bermain Tumbang
Pohon yang memiliki diameter batang satu meter dan tinggi 15 meter ini memiliki nilai sejarah, karena menjadi tempat favorit Raden Ajeng Kartini bermain dan merenung.
Petugas BPBD dan relawan SAR membersihkan dahan dan ranting pohon bunga kanthil yang roboh akibat usia yang mencapai 1,5 abad. Di bawah pohon ini RA Kartini bermain dan merenung, Selasa (16/1). (Alf)

Jepara (Tagar 16/1/2018) – Pohon bunga kanthil yang berlokasi di taman belakang pendapa Kabupaten Jepara roboh di saat kondisi cuaca hujan lebat, Selasa (16/1) dini hari. Batang pohon menimpa bangunan kamar petugas kebersihan dan ajudan bupati.

Pohon bunga kantil ini bukanlah pohon biasa. Dari usianya yang sudah ratusan tahun, pohon ini dulunya adalah tempat pahlawan wanita Indonesia, RA Kartini, bermain semasa kecilnya.

Beruntung, saat pohon tumbang penghuni kamar tidak ada di ruangan. Tumbangnya pohon bunga kanthil diduga akibat usia pohon yang telah tua.

Menurut Kepala BPBD Jepara Lulus Suprayitno, pohon yang memiliki  diameter batang satu meter dan tinggi 15 meter ini memiliki nilai sejarah, karena menjadi tempat favorit Raden Ajeng Kartini bermain dan merenung. Usia pohon kanthil sendiri diperkirakan mencapai satu setengah abad, karena telah tumbuh sebelum RA Kartini lahir.

“Keberadaan pohon bunga kanthil sudah ada sebelum RA Kartini lahir tahun 1879,” tutur Tulus.

Petugas BPBD dibantu relawan SAR Jepara, membersihkan dahan dan ranting yang menimpa bangunan. Mengingat adanya nilai sejarah, pohon bunga kanthil tetap akan dipertahankan keberadaanya dengan hanya memangkas dahan dan ranting.

“Kita hanya memangkas dahan dan ranting saja, selanjutnya pohon tersebut akan ditanam kembali di tempat semula agar tidak kehilangan nilai sejarahnya,” pungkasnya. (alf)

Berita terkait
Gebyar Pernikahan 2019 di Balai Kartini Usung Adat Betawi
Acara yang mengusung pernikahan bernuansa adat dan budaya Betawi ini berlangsung selama tiga hari di Balai Kartini.
Ratu Kalinyamat, Pejuang Jepara Tak Sepopuler Kartini
Kanjeng Ratu Kalinyamat seorang tokoh perempuan Jepara walaupun namanya tak sepopuler Raden Ajeng Kartini. Siapa dia sesungguhnya?
Video: Rayakan Hari Kartini dengan Festival Sarung
Di Makassar, Minggu (21/4) perayaan hari Kartini dimeriahkan dengan festival sarung sutera, demi melestarikan sarung tradisional khas Sulawesi Selatan.
0
Ikan Bertato Ambon Terbalik, Gemparkan Warga Maluku
Warga dusun setempat yang mengetahui temuan ikan itu, berkerumun dan melihat langsung di tepi pantai dusun.