PM Baru Malaysia dan Pemimpin Oposisi Sepakat Kerjasama

PM baru Malaysia teken perjanjian kerja sama dengan blok oposisi utama, yang bertujuan menjamin stabilitas pemerintahan barunya
Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim (kiri) dan PM Ismail Sabri Yaakob menandatangani kesepakatan di gedung parlemen di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 13 September 2021 (Foto: voaindonesia.com/AP)

Kuala Lumpur – Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, pada Senin, 13 September 2021, menandatangani perjanjian kerja sama dengan blok oposisi utama, yang bertujuan menjamin stabilitas pemerintahan barunya.

Di bawah perjanjian antara PM Ismail dan pemimpin veteran oposisi Anwar Ibrahim, Ismail menyepakati serangkaian reformasi, termasuk UU baru untuk mencegah pembangkangan di dalam tubuh partai, membatasi masa jabatan PM menjadi 10 tahun, dan menurunkan usia pemilih dari 21 menjadi 18 tahun.

PM Malaysia Ismail Sabri YaakobPM Malaysia, Ismail Sabri Yaakob (Foto: voaindonesia.com/AP)

Perjanjian itu juga menjamin adanya perjanjian bipartisan dalam setiap RUU yang dibawa ke parlemen, masukan dari oposisi mengenai dewan pemulihan nasional, dan jaminan bahwa pemimpin oposisi menerima upah dan keistimewaan yang sama dengan menteri Kabinet.

Ismail mengatakan dalam pernyataan bahwa perjanjian itu akan mendorong kerja sama bipartisan, membantu pemerintah mengatasi krisis Covid-19 dan membangkitkan ekonomi.

"Pemerintah yakin ini tidak hanya akan mengesampingkan perbedaan politik, tapi juga memastikan pemulihan nasional yang lebih inklusif dan holistik," katanya.

Ismail menjadi PM ketiga Malaysia dalam tiga tahun terakhir ketika dia ditunjuk oleh Raja Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah bulan lalu untuk menggantikan Muhyiddin Yassin (vm/lt)/voaindonesia.com. []

Partai Kunci Aliansi Malaysia Tarik Dukungan Untuk PM Muhyiddin

Usaha UMNO Untuk Rebut Kembali Posisi PM Malaysia

Anwar Ibrahim Salah Satu Kandidat Perdana Menteri Malaysia

Peluang Ismail Sabri Yaakob Jadi PM Baru Malaysia

Berita terkait
Sosok Ismail Sabri Yaakob, Perdana Menteri Baru Malaysia
Raja Malaysia yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah resmi melantik Ismail Sabri Yaakob sebagai Perdana Menteri Malaysia. Berikut profilnya.
0
PM Baru Malaysia dan Pemimpin Oposisi Sepakat Kerjasama
PM baru Malaysia teken perjanjian kerja sama dengan blok oposisi utama, yang bertujuan menjamin stabilitas pemerintahan barunya