Plus Minus Peluncuran Otomotif Online di Masa Corona

Toyota Agya facelift 2020 dilucurkan secara online di kanal resmi Toyota Indonesia karena peluncurkan produk itu di tengah wabah virus corona.
Tampilan New Toyota Agya 2020 yang diluncurkan secara virtual di kanal resmi Toyota Indonesia, Kamis (19/3/2020). (Foto: Antara/YouTube/Toyota Indonesia)

Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Agya facelift 2020 secara virtual di kanal resmi Toyota Indonesia, Kamis, 19 Maret 2020. Langkah ini diambil lantaran peluncuran produk otomotif tersebut dilakukan di tengah wabah virus corona Covid-19, yang harus menjaga jarak dan tidak boleh ada kerumuman orang, yang dikhawatirkan menularkan corona.

Hasilnya cukup positif, tapi membuat produsen otomotif asal Jepang itu harus serba cepat mengirimkan unit kendaraannya ke diler.

"Jadi web sudah harus siap dan layanan digital seperti M-Toyota itu harus ready saat bersamaan. Lebih penting lagi, itu berjalan dengan digital. Jadi mobil juga harus ready di setiap diler kami," ujar Interactive Communication Department Head PT TAM, Dimas Aska melalui konferensi video jarak jauh, dikutip dari Antara, Jumat, 3 April 2020.

New Toyota Agya 2020Tampilan New Toyota Agya 2020 yang diluncurkan secara virtual di kanal resmi Toyota Indonesia, Kamis (19/3/2020). (YouTube/Toyota Indonesia)

PT TAM meluncurkan Agya facelift menggunakan platform YouTube. Meski mengklaim mendapat hasil efektif, tapi tidak dipungkiri bahwa peluncuran online juga punya kekurangan.

"Launching dengan cara ini sebenarnya cukup efektif, biasanya kami kalau launching yang datang terbatas hanya 250 orang. Tapi saat live streaming, bisa mencapai 1.000 viewers pada saat itu," kata dia.

Bahkan, video yang sudah diunggah pada dua minggu yang lalu, hingga kini telah mendapat respon sebanyak 12 ribu viewers.

"Meski viewers banyak, tidak mempungkiri bahwa masih terdapat banyak kekurangan ketika calon konsumen tidak melihat dan menyentuh langsung kendaraan kami yang diluncurkan," ujarnya.

Poin lebih dari peluncuran online adalah kecepatan informasi yang dapat diakses melalui layanan digital, dan calon konsumen dapat melihat langsung produknya secara cepat.

Toyota New Agya facelift 2020 dibanderol mulai dari Rp 143 - Rp 169 juta, tepatnya mulai dari Rp 143,8 juta sampai yang tertinggi yakni Rp 169,29 juta, berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Berita terkait
Harga dan Spesifikasi Toyota Agya Facelift 2020
PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Agya facelift 2020 secara virtual di kanal resmi Toyota Indonesia, Kamis, 19 Maret 2020.
Peluncuran Toyota Agya Facelift Secara Online
PT Toyota Astra Motor, Agen Pemegang Merek Toyota di Indonesia memutuskan meluncurkan Toyota Agya facelift secara online.
Peluncuran Xiaomi Mi 10 Secara Online Akibat Corona
Xiaomi mengabarkan peluncuran Xiaomi Mi 10 secara global akan dilakukan secara online pada 13 Februari 2020 karena wabah virus corona.