PLN Salurkan Bantuan Oksigen Hasil Produksi PLTGU Priok

Sukses berinovasi, Indonesia Power Priok POMU berinovasi menghasilkan oksigen yang dapat dimanfaatkan dan membantu penanganan pandemi Covid-19.
Penyerahan bantuan oksigen. (Foto: Tagar/PLN)

Jakarta - Memperingati Hari Kesehatan Nasional PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Indonesia Power menyalurkan bantuan 35 tabung oksigen ke RSUD dan Puskesmas di Wilayah Jakarta Utara. Oksigen ini merupakan hasil produksi dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Tanjung Priok.

Sebanyak 10 tabung disalurkan ke RSUD Pademangan dan 5 puskesmas di wilayah Pademangan masing masing mendapatkan lima tabung oksigen.

Penyaluran bantuan oksigen ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilaksanakan unit Indonesia Power, yaitu Indonesia Power Priok Power Generation and O&M Services Unit (POMU). 

Penyerahan oksigen dihadiri Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PT PLN (Persero), Syofvi Felienty Roekman dan diterima Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim pada Kamis, 18 November 2021.


Kami berharap oksigen hasil produksi Indonesia Power ini dapat bermanfaat bagi masyarakat melalui RSUD dan Puskesmas di Jakarta Utara.


Syofvi mengatakan produksi oksigen yang dilakukan PLN Group ini sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir agar seluruh BUMN mengoptimalkan aset dan kemampuan yang dimiliki untuk membantu penanganan Covid-19.

"Kami berharap oksigen hasil produksi Indonesia Power ini dapat bermanfaat bagi masyarakat melalui RSUD dan Puskesmas di Jakarta Utara. Ini merupakan perhatian PLN kepada masyarakat melalui anak usaha kami," ujar Syofvi.

Syofvi juga mengapresiasi langkah Indonesia Power yang memanfaatkan oksigen yang semula di pembangkit hanya dibuang kini dapat dimanfaatkan untuk keperluan medis. Dalam satu tahun, Indonesia Power Priok POMU bisa memproduksi sebanyak minimal 2.645 tabung. 

"Inovasi ini tentu bermanfaat untuk masyarakat selama pandemi, " ujarnya.

Direktur Utama Indonesia Power M. Ahsin Sidqi menjelaskan, bantuan oksigen merupakan salah satu dukungan Indonesia Power kepada pemerintah untuk menanggulangi bencana Covid-19. Penyaluran oksigen ini tidak hanya sementara, namun akan terus menerus dan konsisten dilaksanakan perseroan.

 “Kami berharap bantuan oksigen ini dapat memberikan sumbangsih berarti untuk menanggulangi Covid-19 di Jakarta. Karena seperti yang kita ketahui bahwa Covid-19 masih ada, maka dari itu kita juga harus selalu patuh terhadap protokol kesehatan," ucap Ahsin.

Ahsin akan terus memastikan keberadaan pembangkit-pembangkit Indonesia Power dapat memberikan manfaat di tengah masyarakat luas. Salah satunya memproduksi oksigen untuk membantu pemerintah memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Selain memastikan keandalan pembangkit listrik, kehadiran kami di tengah masyarakat diharapkan juga dapat andil dalam kegiatan sosial dan lingkungan,” pungkas Ahsin.

Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi kerja keras PLN yang tak hanya mengaliri listrik bagi masyarakat saja tetapi juga berkontribusi aktif selama pandemi ini. Salah satunya adalah melalui produksi oksigen ini. 

"Gelombang dua kemarin banyak sekali korban yang meninggal dunia. Oksigen sendiri juga sulit sekali kita dapatkan kemarin. Oksigen stoknya habis. Peran aktif PLN menjadi bantuan yang berharga buat kami di Jakarta Utara," ujar Ali. 

Kepala Seksi Keperawatan dan Penunjang Medis RSUD Pademangan Titis Sumadiana mengapresiasi langkah PLN yang bisa memproduksi oksigen untuk keperluan medis. Apalagi, fungsi oksigen di masa pandemi ini sangat penting.

"Terimakasih atas support terhadap kami dalam melayani pasien covid-19. Ini sangat penting karena ini untuk membantu pasien yang sedang dirawat dan membutuhkan oksigen," ujar Titis.

Indonesia Power Priok Power Generation And O&M Services Unit adalah salah satu unit pembangkit Indonesia Power yang berlokasi di jalan Laksamana R.E Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Sistem pembangkitan listrik di PLTGU Priok menggunakan Natural Gas Combined Cycle (NGCC) Power Plant, dengan bahan bakar gas alam yang lebih ramah lingkungan sebagai energi primer. 

Indonesia Power Priok POMU memiliki hydrogen Generator Plant yang berfungsi untuk memproduksi gas hydrogent sebagai media pendingin generator. Hydrogen Generator plant di Indonesia Power Priok POMU bertipe Teledyne Titan HMXT 100, alat ini menghasilkan gas hidrogen dengan memanfaatkan prinsip elektrolisis air. 

Di mana air dialiri dengan arus listrik untuk mengurai senyawa air menjadi gas hidrogen dan oksigen. Karena yang dibutuhkan untuk media pendingin generator hanya gas hidrogen, selama ini oksigen tidak dimanfaatkan dan dibuang ke udara. 

Oksigen yang dibuang mempunyai purity sebesar 99 persen. Namun, terdapat kandungan karbon monoksida dengan kadar tinggi yang berbahaya jika dihirup manusia. 

Dengan tujuan memenuhi kebutuhan oksigen, Indonesia Power Priok POMU berinovasi  agar oksigen dapat dimanfaatkan dan membantu tenaga medis dalam merawat pasien yang membutuhkan. 

Untuk itu dibuat sebuah fasiltas pemanfaatan oksigen yang berfungsi untuk memfiltrasi gas dan pengotor lain agar oksigen yang selama ini terbuang dapat dimanfaatkan serta aman untuk konsumsi manusia.

Produk oksigen Indonesia Power Priok POMU telah diuji di Balai Pengaman Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta, dari hasil pengukuran menunjukkan produk  oksigen memiliki purity sebesar 99,9 persen dan kandungan impurity lain telah memenuhi standar gas medis. Kemampuan produksi oksigen Priok POMU adalah 10 meter kubik per hari.

Tak hanya di PLTGU Tanjung Priok, PLN juga memproduksi oksigen di 19 pembangkit yang dikelola dua anak usahanya yaitu PT Indonesia Power dan PT Pembangkitan Jawa Bali. Dengan total potensi produksi optimum oksigen mencapai 2 juta ton per hari. []

Berita terkait
Pemerintah Siap Dukung PLN Percepat Transisi Energi ke EBT
Pemerintah akan memastikan neraca keuangan PLN dalam kondisi baik selama masa transisi menuju energi bersih tersebut demi tagret net zoro emission.
Inovasi PLN di PLTGU Priok Bisa Hasilkan 2.654 Tabung Oksigen
PLN mengapresiasi tenaga medis dalam melayani pasien Covid-19 dengan berinovasi memproduksi oksigen dari pembangkit listrik di Indoensia.
PLN Nyalakan Listrik Bertahap di Lokasi Banjir Kalbar
Hingga kini pihak PLN melakukan langkah strategis untuk menyelamatkan masyarakat dari banjir di beberapa wilayah di Kalimantan Barat.
0
PLN Salurkan Bantuan Oksigen Hasil Produksi PLTGU Priok
Sukses berinovasi, Indonesia Power Priok POMU berinovasi menghasilkan oksigen yang dapat dimanfaatkan dan membantu penanganan pandemi Covid-19.