PLN Gerak Cepat Amankan Jaringan Listrik di Cilacap

PLN berhasil memulihkan 242 gardu dan menyalurkan listrik bertahap ke 10 ribu pelanggan hingga hari Minggu, 14 November 2021.
PLN UP3 Cilacap berhasil memulihkan pasokan listrik. (Foto: Tagar/PLN)

Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Cilacap bergerak cepat memulihkan jaringan setelah munculnya AFF Foam atau Aqueous Film Forming Foam (AFFF) di sekitar areal tangki BBM di kilang Cilacap, pada Minggu, 14 November 2021 pukul 12.00 WIB.

Tercatat, dari 242 gardu yang terdampak pemadaman pada 12.00 WIB, tim PLN UP3 Cilacap berhasil memulihkan pasokan listrik bertahap kepada 10.890 pelanggan hingga pukul 17.00 WIB.

Manager UP3 Cilacap Bramantyo Anggun Pambudi menjelaskan, langkah pengamanan jaringan yang dilakukan demi menjaga aset instalasi PLN agar tidak berdampak kerusakan lebih besar yang tentu akan mempengaruhi layanan kepada pelanggan.


Setelah petugas melakukan pengecekan kondisi jaringan kami langsung melakukan penormalan secepatnya dengan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan.


"AFF foam yang digunakan untuk memadamkan api banyak berterbangan di udara, sehingga dikhawatirkan mengganggu jaringan dan aset instalasi PLN," kata Bramantyo Anggun Pambudi dalam keterangan tertulis, Senin, 15 November 2021.

Selain itu, Bramantyo menceritakan, untuk mencegah gangguan dari sisi foam pemadaman area kilang yang terbakar, tim UP3 PLN langsung melakukan pengecekan pada 80 trafo yang menggalirkan listrik ke sekitar 3.500 pelanggan.

"Setelah petugas melakukan pengecekan kondisi jaringan, kami langsung melakukan penormalan secepatnya dengan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan," ujarnya.

Adapun, sejumlah daerah yang terdampak padam antara lain sekitar jalur Jalan MT Haryono, Banjaran, Jalan kalisapu, Kawasan Industri, Jalan Flores, Jalan Kalimantan, Perum Sidanegara, Jalan Suasa, Jalan Tamrin, Donan, dan sekitarnya.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan, untuk informasi lebih lanjut mengenai gangguan listrik, pelanggan dapat menggunakan aplikasi PLN mobile atau dapat menghubungi Contact Centre PLN 123," katanya. []

Berita terkait
7 Aplikasi P2P Lending Terpercaya di Indonesia
OJK mengawasi beberapa platform digital yang menyediakan investasi (P2P) Lending
Apa Itu Biaya Implisit? Begini Cara Menghitungnya
iaya implisit adalah suatu jenis biaya peluang yang hadir saat suatu perusahaan memanfaatkan sumber daya internal guna proyek tertentu.
PLN Akselerasi Transisi EBT dengan Tiga Strategi Berikut!
Melimpahnya sumber energi bersih ini tentunya menjadi modal PT PLN (Persero) dalam memenuhi target Indonesia net zero emission 2060.
0
PLN Gerak Cepat Amankan Jaringan Listrik di Cilacap
PLN berhasil memulihkan 242 gardu dan menyalurkan listrik bertahap ke 10 ribu pelanggan hingga hari Minggu, 14 November 2021.