UNTUK INDONESIA
Platform Media Sosial TikTok Hapus Akun Propaganda ISIS
Puluhan akun yang memposting video propaganda ISIS telah dihapus oleh platfrom media sosial TikTok karena kontennya meresahkan
Ilustrasi - Aplikasi TikTok. (Foto: engadget)

Beijing -Platform media sosial (medsos), TikTok telah menghapus puluhan akun yang memposting video propaganda dari kelompok ISIS. Seorang karyawan TikTok mengatakan kepada AFP, ada sekitar 10 akun yang sudah dihapus karena kontennya sangat meresahkan bisa mengganggu keamanan publik. "Ada konten vido yang tayangannya sudah mencapai dua digit,"kata karyawan itu yang tidak mau disebutkan namanya seperti diberitakan dari Channel News Asia, Selasa 22 Oktober 2019.

Menurut keterangan perusahaan, postingan tersebut berasal dari sekitar dua lusin akun. Dicontohkan postingan video yang tak layak dipublikasikan seperti dalam dalam sebuah video terlihat beberapa pasukan ISIS bersenjata tengah menyeret mayat-mayat di jalanan. "Konten semacam ini tak punya tempat di TikTok,." kata perusahaan dalam sebuah pernyataan melalui email yang dikirimkan ke AFP.

Dikatakan bahwa TikTok akan memperkuat pengawasan kontrol dan secara aktif mendeteksi aktivitas yang mencurigakan. "Kami akan melakukan identifikasi dan akan menghapus secara permanen bila ada akun yang dimanfaatkan untuk propaganda ISIS," kata manajemen TikTok. Platform medsos kini menjadi sasaran propaganda ISIS untuk menarik dukungan.

Platform TikTok yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi video singkat dengan durasi 15 menint sangat populer di kalangan remaja di dunia. BryteDance, perusahaan China pengelola TikTok mengklaim telah menggaet sekitar 500 juta pengguna di seluruh dunia tahun lalu, menjadi salah satu aplikasi medsos paling populer.

TikTok dalam beberapa bulan ini diserang sejumlah kontroversi. Pada April lalu, TikTok sempat dilarang oleh pengadilan India karena dinilai mempromosikan pornografi di kalangan anak-anak. Bangladesh juga melarang platform ini dan pernah didenda yang sangat besar di Amerika Serikat karena mengumpulkan informasi dari anak-anak secara ilegal. Perusahaan telah membantah semua tuduhan itu dan menyatakan selalu mematuhi hukum privasi setempat.

Berita terkait
Lima Cara Aman Bermain TikTok Bagi Pemula
TikTok, aplikasi video berdurasi singkat, mendukung penggunanya untuk dapat mengabadikan dan membagikan momen berharga langsung dari ponsel.
Video Goyang Tiktok, Dua Remaja Parepare Berkelahi
Dua remaja putri di kota Parepare berkelahi hanya karena video tiktok. Begini kronologisnya.
Batas Usia Anak Diperbolehkan Mengakses Media Sosial
Kapan waktu tepat bagi anak mulai bisa mengakses media sosial masih menjadi perdebatan publik. Kenapa tidak? Perkembangan teknologi serba gadget.
0
Kronologi Penemuan Mayat Tenggelam di Gowa
Kronologi tenggelamnya seorang remaja di salah satu sungai di Kabupaten Gowa mulai terkuat. Diduga korban tenggelam karena tidak tau berenang.