UNTUK INDONESIA
PKB Jatim Akan Beri Bantuan Hukum untuk Saiful Ilah
DPW PKB Jatim akan berkomunikasi dengan keluarga Saiful Ilah untuk menentukan langkah selanjutnya, terutama soal bantuan hukum.
Wakil Ketua PKB Jatim Hikmah Bafaqih. (Foto: Istimewa/Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya -  Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang menimpa Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menjadi perhatian pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim). Pasalnya, Saiful Ilah merupakan Ketua DPC PKB Sidoarjo. 

Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Hikmah Bafaqih mengatakan, partainya baru mempelajari situasi pasca tertangkapnya Saiful Ilah. Hikmah memastikan bahwa partai akan memberi bantuan hukum. Hanya saja penentuan bantuan hukum apakah dari DPC atau DPW, Hikmah mengaku akan menyesuaikan kebutuhan.

"Dari partai, apakah DPC atau DPW jadi sesuai kebutuhan. Situasinya baru sehingga perlu dipelajari," ujar Hikmah, dikonfirmasi Tagar, Rabu 8 Januari 2020.

Perempuan yang juga Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim itu menegaskan bahwa PKB Jatim juga akan berunding dengan keluarga Saiful Ilah untuk menentukan langkah selanjutnya, terutama bantuan hukum. Menurutnya, yang berhak menentukan langkah berikutnya adalah pihak keluarganya. 

Dari partai, apakah DPC atau DPW jadi sesuai kebutuhan.

Disisi lain, juga mempelajari seberapa dibutuhkannya bantuan hukum.

"Kita berunding sama keluarganya, bagaimana baiknya," terangnya.

Terkait penunjukkan Pelaksana tugas (Plt) ketua DPC PKB Sidoarjo, Hikmah masih belum dapat berandai-andai karena proses masih berlangsung. Partai besutan Muhaimin Iskandar itu tentunya mempunyai mekanisme internal penunjukan Plt. Semua keputusan diserahkan ke DPP sambil menunggu keputusan inkrah.

"Untuk urusan ini (Plt ketua DPC) ada mekanisme sepertinya, entah Plt atau apa kita tidak tahu dan diserahkan ke DPP bagaimana putusannya sambil menunggu kejelasan kasus ini sampai berkekuatan hukum tetap," ujarnya. []

Berita terkait
Kena OTT KPK, Bupati Sidoarjo Tepis Dugaan Suap
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tepis dugaan suap barang dan jasa.
Pesisir Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan Potensi Rob
BMKG Kelas I Juanda mengingatkan kepada warga yang tinggal di wilayah pesisir Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan meningkatkan kewaspadaan terjadinya rob.
Indeks Risiko Bencana Jatim Masuk Kategori Sedang
BPBD Jatim menyebut Indeks Risiko Bencana Jatim dari BNPB mengalami penurunan dari 144 poin menjadi 138 poin.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.