Indonesia
PKB Ajukan 10 Nama Calon Menteri, Cak Imin Ketua MPR
Ada 10 nama calon menteri yang telah diajukan PKB ke Jokowi untuk kabinet periode kedua. Sedangkan target Cak Imin Ketua MPR.
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. (Foto: Tagar/cakiminow)

Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan, mengatakan bahwa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) telah mengajukan 10 nama calon menteri kepada presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi, Cak Imin sudah mengajukan 10 nama ke Pak Jokowi, tetapi pada akhirnya Pak Jokowi yang akan menetukan sendiri," kata Daniel dalam sebuah diskusi politik di Kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu 6 Juli 2019.

"Saya juga tidak tahu siapa aja namanya 10 nama itu. Mungkin yang tahu Pak Jokowi dan Cak Imin," ujar dia.

Daniel menolak jika ada anggapan ketua partainya terlalu agresif meminta jatah kursi menteri kepada Jokowi. Cak Imin disebut Daniel mewakili kader muda di partainya yang bersemangat menyambut pemerintahan baru.

Beberapa posisi strategis diakui Daniel sudah menjadi incaran untuk diisi kader-kader PKB. Dia menilai, kader partainya bakal duduk di kementerian yang bersinggungan langsung dengan hajat hidup orang banyak.

"Bukan agresif, tapi dia mewakili anak muda yang semangat," kata Daniel.

"Enggak ada target. Tapi menteri desa (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia) mungkin, karena memang sudah berjalan. Mungkin di bidang yang menyangkut basis masyarakat banyak (dan) pendidikan," ujarnya.

Sebelumnya, Cak Imin pernah mengatakan bahwa dirinya ingin banyak kader PKB yang diangkat menteri di kabinet bari Jokowi-Maruf Amin. Dia bahkan mengakui kalau dirinya mengincar kursi Ketua MPR masa pemerintahan 2019-2024.

"Politik ya memang begitu, kalau menang ya dapat (jatah menteri). Kalau doa sebanyak-banyaknya. Tapi ini kan presidensial ya, kita hanya bisa mengusulkan, presiden yang memutuskan," kata Cak Imin, saat menghadiri rapat pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih, di kantor KPU, Minggu, 30 Juni 2019.

"(Kalau) saya sukanya jadi Ketua MPR," ujar dia sambil tertawa.

Baca juga:

Berita terkait
0
Ephorus HKBP: Mengasihi Bukan Hanya kepada Seagama
Ephorus HKBP yang tiba di kompleks gereja disambut alim ulama, tokoh Betawi dan para pemuda Betawi yang merupakan warga daerah sekitar gereja.