UNTUK INDONESIA
Pindah Ibu Kota Kepala Bappenas Bentuk Badan Otorita
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa akan membentuk badan otorita terkait pindah ibu kota ke Kalimantan Timur.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 18 November 2019. (foto: Tagar/Popy Sofy).

Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menerangkan akan membuat badan otorita untuk pembentukan ibu kota negara yang akan dipindahkan ke Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur.

Nah presiden menginginkan semisal bentuk istananya yang khas Indonesia. Kalau ini kan peninggalan kolonial, mungkin khas Indonesia akan berbeda.

Menurutnya, badan otorita akan segera dibuat untuk mengurus berbagai hal, mulai dari persiapan hingga pembangunan yang memadukan konsep keindahan alam dengan smart city. Visi pembangunan dirancang agar Indonesia terlihat mentereng di mata dunia.

"Kita akan membentuk badan otorita untuk persiapan, untuk pembangunan, termasuk pemindahan, dan tentu di sana bukan hanya secara fisik menghadirkan sebuah kota baru yang bernuansa hutan, alam, smart city, tapi juga smart government, smart office," kata Suharso di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 18 November 2019.

Pembuatan badan otorita ini, kata dia, akan dibuat secepat mungkin, sebelum memasuki tahun 2020. "Badan otorita mungkin paling enggak bulan depan. Enggak perlu Undang-undang, perpres saja," ucapnya.

Suharso menyebut, persiapan matang sangat diperlukan untuk perencanaan pembangunan ibu kota baru di Pulau Kalimantan. Termasuk, menyoal pembuatan Istana Kepresidenan dengan desain berbeda dengan yang telah ada.

"Nah presiden menginginkan semisal bentuk istananya yang khas Indonesia. Kalau ini kan peninggalan kolonial, mungkin khas Indonesia akan berbeda," tutur Kepala Bappenas. []

Berita terkait
Jokowi Ingin Ibu Kota Negara Terbaik di Dunia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan ibu kota di Kutai Kartanegara dan Penajem Paser Utara, bisa menjadi yang terbaik di dunia.
Ibu Kota Baru Harus Simbolkan Identitas Bangsa
Ibu kota baru sebagai pengganti Jakarta harus dibangun dengan semangat yang mencerminkan simbol dan identitas bangsa. Juga berdaya saing global.
Rencana Lokasi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Baru
Istana Kepresidenan Republik Indonesia akan dibangun di calon lokasi ibu kota baru, pembangunan dijadwalkan pada tahun 2020.
0
Persipura Tetap Waspadai Permainan Kalteng Putra
Persipura Jayapura tak meremehkan Kalteng Putra meski posisi kedua tim sangat bertolak belakang. Laga digelar pada Kamis 12 Desember 2019.