UNTUK INDONESIA
Pihak Perguruan Tinggi Dilarang Panik Virus Corona
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengimbau pihak sekolah dan pelajar untuk tidak panih terhadap virus corona.
Plt. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat, Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana (batik oranye) di Kantor KSP, Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020. (Foto: Tagar/Popy Sofy).
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengingatkan agar para siswa di sekolah dan mahasiswa di perguruan tinggi tidak usah berlebihan menanggapi adanya virus corona di Indonesia. 

Plt. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ahmad Mahendra mengimbau agar para siswa tidak panik dan usahakan tetap tenang, untuk berkegiatan normal seperti hari-hari biasa.

Satuan pendidikan agar unit kegiatan siswa (UKS) dan juga di pendidikan tinggi perguruan tinggi ada layanan kesehatan.

Baca juga: Daftar WNI Positif Terinfeksi Virus Corona Bertambah

"Kami tekankan utamakan lembaga satuan pendidikan, kepala sekolah, kepada guru, dan orangtua siswa tidak usah panik, tenang, aktif dan selalu tetap waspada dan tidak melakukan tindakan-tindakan reaksi yang berlebihan. Dan tetap melakukan antisipasi dalam melakukan pencegahan dan penanganan soal COVID-19," ucap Ahmad Mahendra di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020. 

Ahmad menyatakan Kemendikbud telah memberikan arahan kepada kepala sekolah dan dinas pendidikan dan kesehatan, untuk mengutamakan fasilitas kesehatan terbaik di sekolah. 

"Satuan pendidikan agar unit kegiatan siswa (UKS) dan juga di pendidikan tinggi perguruan tinggi ada layanan kesehatan. Oleh karena itu kami juga siap. Dirjen melakukan berbagai macam langkah sebagai inisiatif kami mengimbau juga untuk bisa senantiasa berkoordinasi dengan Dinkes setempat," kata Ahmad.

Baca juga: Satu Driver Ojol Dicari Terkait Corona di Batam

Selain itu, kata dia, para peserta didik dan guru serta tenaga pengajar di universitas harus bisa memberikan contoh untuk memberlakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 

"Senantiasa menekankan pada PHBS, perilaku bersih dan sehat senantiasa aktif dalam menyampaikan pencegahan dan penanganan COVID-19 ini," kata dia. []
Berita terkait
Lawan Corona, Bali Luncurkan We Love Bali Movement
Untuk mengatasi dampak virus corona terhadap perekonomian, Bali luncurkan program "We Love Bali Movement".
Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Cegah Corona
Dalam melakukan pencegahan virus Corona Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Banten, semprotkan cairan desinfektan di stasiun KA
Jubir Corona Sebut Kasus Positif Corona Tambah Dua
Jubir Corona, Achmad Yurianto, mengatakan ada tambahan dua kasus infeksi virus corona di Indonesia yang disebut kasus nomor 3 dan nomor 4
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.