Jakarta - Pemain depan Brasil Philippe Coutinho ingin meninggalkan Barcelona. Coutinho mengungkapkan kepindahan dari Liverpool ke Barca tidak sesuai dengan apa yang menjadi harapannya. 

Coutinho bergabung dengan Barca pada Januari 2018. Harga pemain itu termasuk mahal karena Barca harus merogoh kocek sampai 142 juta poundsterling atau Rp 2,57 triliun. Harga pemain sendiri mencapai 105 juta poundsterling dengan 37 juta poundsterling sebagai bonus tergantung pencapaian prestasi Coutinho. 

Di Barca, pemain berusia 26 ini sesungguhnya turut mengantarkan Barca dua kali meraih trofi La Liga Spanyol dan sekali Copa del Rey. Dirinya mencetak 21 gol selama 75 penampilan bersama Barca. 

Hanya musim ini, Coutinho mengalami kesulitan di Barca. Dia mulai frustrasi karena jarang mendapat kesempatan bermain. Di ajang Liga Champions, Coutinho hanya sekali dimainkan dari 12 penampilan Barca. 

Demikian pula  di kompetisi La Liga, jam pertandingan pemain yang dijuluki si Tukang Sihir alias The Magician saat masih bermain di Liverpool ini termasuk minim. Dia lebih sering duduk di bangku cadangan karena hanya 16 kali diturunkan. 

Kepada Cadena SER, Coutinho mengungkapkan kekecewaannya dan ingin mencari jalan keluar dengan meninggalkan Barca. Keinginan untuk pergi menjadikan 'permainan catur' pemain yang sedang memperkuat Brasil di Copa America 2019 ini mulai dibuka. 

Hanya, tak mudah mendapatkan klub yang bersedia membayar mahal Coutinho. Pasalnya, harga dia mencapai 79.9 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,4 triliun. Hanya klub-klub besar yang bisa memboyong pemain yang memulai karier di Eropa dengan memperkuat Inter Milan ini. 

Menurut informasi, Paris Saint Germain masih tertarik merekrut Coutinho. Sebelumnya, PSG ingin memboyong pemain itu untuk diduetkan dengan Neymar. Selain PSG, Manchester United dan Chelsea tertarik untuk merekrutnya. 

Liverpool, mantan klub, Coutinho sesungguhnya juga ingin membawanya kembali. Namun belum ada pergerakan yang signifikan dari The Reds terkait rencana pembelian Coutinho yang sudah membela Liverpool selama lima musim ini. []

Baca juga: