UNTUK INDONESIA
Pesta Jajanan Halal di Indonesia Muslim Festival
Tiga makanan halal terlezat di Indonesia Muslim Lifestyle Festival di JCC Senayan, Jakarta, yaitu gudeg, nasi kebuli, dan pecel.
Pedagang Nasi kebuli di Indonesia Muslim Lifestyle Festival, Jakarta Convention Center (JCC) di Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Popy Sofyhida).

Jakarta - Jika di Sumatera Utara sedang ramai diperbincangkan soal wisata halal di Danau Toba, ternyata di Jakarta ada juga acara yang menyajikan pesta jajanan halal yang bertemakan Indonesia Muslim Lifestyle Festival.

Pesta jajanan halal ini berlangsung di Kawasan Jakarta Convention Center (JCC) dari 30 Agustus-1 September 2019. Ada beragam makanan lezat yang dijual di tempat ini.

Berikut, tiga makanan yang paling dicari para pengunjung di JCC Senayan, Jakarta:

1. Nasi Kebuli

Nasi KebuliPedagang nasi kebuli di Indonesia Muslim Lifestyle Festival, Jakarta Convention Center (JCC) di Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Popy Sofyhida).

Nasi Kebuli merupakan kuliner tradisional yang berasal dari Betawi dan memiliki kemiripan dengan nasi mandi yang berasal dari Jazirah Arab. Di masyarakat Jakarta asli, nasi kebuli menjadi menu wajib dalam tiap acara.

Resep nasi kebuli diciptakan para pemuka agama Islam dari Hadramaut, Yaman Selatan.

Yang tidak kalah menarik di sini adalah, para pedagang nasi kebuli di pesta jajanan halal ini mengenakan pakaian ala Timur Tengah. Sementara pedagang wanita, menggunakan niqab berwarna hitam.

Harga yang ditawarkan untuk seporsi nasi kebuli ayam seharga Rp 40.000, sementara Nasi Kebuli Kambing Rp 50.000.

2. Gudeg

Pedagang GudegPedagang gudeg di Indonesia Muslim Lifestyle Festival, Jakarta Convention Center (JCC) di Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Popy Sofyhida).

Makanan yang dimasak dengan bumbu bercita rasa manis ini memang sangat digemari masyarakat.

Namun, bagi pengunjung yang ingin merasakan gudeg dengan cita rasa asli Yogyakarta yang sangat lezat, tidak perlu repot-repot untuk pergi jauh ke daerah asalnya. 

Melalui pesta jajanan halal ini, pecinta kuliner dapat mencicipi gudeg dengan rasa yang sangat nikmat.

3. Pecel 

Pedagang PecelPedagang pecel di Indonesia Muslim Lifestyle Festival, Jakarta Convention Center (JCC) di Jakarta, Sabtu, 31 Agustus 2019. (Foto: Tagar/Popy Sofyhida).

Makanan dengan beragam jenis sayuran yang disiram bumbu kacang ini memang selalu mengugah selera. Terlebih jika menikmatinya dengan gorengan atau kerupuk.

Menu makanan khas Solo ini juga dapat disantap di pesta jajanan halal yang diselenggarakan dalam Indonesia Muslim Lifestyle Festival.

Selain tiga jenis makanan tersebut, pengunjung juga bisa menemukan jenis makanan lainnya, seperti dimsum, sosis jumbo, ayam bakar, dan masih banyak menu lezat yang lainnya. []

Baca juga: Dali Ni Horbo, Makanan Sehat Khas Batak

Berita terkait
Lima Makanan Bikin Otak Jenius
Selain berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, asupan makanan juga berpengaruh untuk mendorong kinerja otak.
Lima Makanan Ini Tingkatkan Jumlah Sperma
Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi lima jenis makanan ini.
Lima Makanan Ekstrem di Papua yang Jarang Diketahui
Papua memiliki daya tarik pada cita rasa makanan yang eksotis, mungkin bagi sebagian orang akan mengatakan menjijikkan.
0
UAS Mengundurkan Diri Sebagai PNS di UIN Suska Riau
UAS resmi mengundurkan diri sebagai PNS di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska), Pekanbaru, Riau.