UNTUK INDONESIA
Pesepeda Bikin Sutradara Dilarang Nyetir Mobil 6 Bulan
Sutradara film The Gentleman dibikin kapok pesepeda setelah diganjar dilarang nyetir mobil selama 6 bulan.
Ilustrasi Bersepeda. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Jakarta - Guy Ritchie dihukum larangan mengemudi mobil selama 6 bulan setelah pengendara sepeda melaporkan sutradara film The Gentleman itu ke polisi. Ritchie dilaporkan karena mengetik pesan di ponsel saat menyetir mobil.

Dikutip dari Evening Standard, sutradara berusia 51 tahun tersebut mendapat poin tilang dalam catatan SIM-nya. Dinyatakan bersalah, Ritchie juga dituntut membayar denda 666 pound atau sekitar Rp 12,3 juta, ditambah biaya pengadilan 166 pound atau sekitar 3 Rp juta.

Meski dituntut untuk membayar biaya pengadilan, mantan suami Madonna tersebut diperbolehkan tidak hadir dalam sidang vonis yang digelar di Pengadilan Bromley Magistrates, Inggris, pada Selasa 21 Juli 2020.

Saya pikir Anda tidak harus mengetik pesan teks ketika mengemudi.

Ritchie juga mengaku bersalah menggunakan ponsel atau perangkat telepon genggam saat mengendarai kendaraan bermotor melintas jalan raya.

Meski Ritchie tak hadir, sidang itu juga digelar tertutup untuk menghindari membludaknya orang dan media yang ingin melihat jalannya proses hukum sang sutradara. Sidang itu di bawah prosedur Peradilan Tunggal Inggris dengan dihadiri seorang pejabat pengadilan dan hakim yang menilai surat dan bukti-bukti.

Ritchie kedapatan mengetik pesan di iPhone-nya sementara telinganya terpasang earbud Apple ketika berkendara melewati Hyde Park pada 3 November 2019. Saat itu, lalu lintas di sekitar taman di London itu sedang padat.

Pria bernama Mike Van Erp yang sedang bersepeda lantas berhenti di samping mobil Ritchie. Ia merekam aktifitas Ritchie tersebut sekitar jam 1 siang waktu setempat.

Menyadari pengendara sepeda merekam dirinya di samping mobil, sutradara film Sherlock Holmes itu menurunkan jendela mobilnya dan berkata: "Halo teman saya."

"Saya pikir Anda tidak harus mengetik pesan teks ketika mengemudi. Saya melihat Anda melakukan itu," jawab Van Erp.

Van Erp yang tidak tahu pria di dalam mobil itu adalah Ritchie, memberikan bukti kepada polisi berupa file video berjudul 'pria mengetik ponselnya ketika mengemudi.'

Dalam berkas tilang yang diperlihatkan, Ritchie diketahui memiliki caatatan sembilan pelanggaran mengemudi, di antaranya tiga pelanggaran ngebut ketika berkendara pada Maret 2017, Februari dan Desember 2019. 

Berita terkait
Menperin Minta Komponen Sepeda Digarap di Dalam Negeri
Kementerian Perindustrian sedang berupaya memperdalam struktur manufaktur pada sektor industri sepeda di dalam negeri.
Manfaat Sehat Bersepeda Tiap Menit Sampai Jangka Waktu 1 Jam
Bersepeda dapat membersihkan tubuh dari cikal bakal penyebab stres, hormon kortisol.
Misi Sosial Pekerja 61 Tahun Tiap Hari Naik Sepeda
Nano, terengah saat menunjukkan KTP-nya. 61 Tahun usianya, terselip misi dari rutinitasnya tiap hari naik sepeda ke kantor.
0
Pesepeda Bikin Sutradara Dilarang Nyetir Mobil 6 Bulan
Sutradara film The Gentleman dibikin kapok pesepeda setelah diganjar dilarang nyetir mobil selama 6 bulan.