Untuk Indonesia
Pesan Kang Emil Buat Anak Muda yang Suka Main Gawai
Gubernur Jawa Barat mengimbau anak muda di Jawa Barat agar pergunakan internet secara positif
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau anak-anak muda yang suka bermain gawai sampai berjam-jam agar bisa memanfaatkan internet atau dunia digital ke arah yang positif.

“Orang Indonesia rata-rata menggunakan gawai empat jam perhari. Pertanyaannya, apakah penggunaan gawai yang tergolong lama itu bermanfaat? tanya dia, di Bandung, Rabu 4 September 2019.

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil internet atau dunia digital akan memberikan manfaat apabila digunakan secara positif oleh penggunanya, seperti berwirausaha dan memperluas jaringan pertemanan.

“Saya titip jadikan dunia digital yang ada di tangan adik-adik ini penuh manfaat,” kata Kang Emil.

Apabila dunia digital tidak dimanfaatkan dengan baik jelas Kang Emil, ada sisi negatifnya yang akan mempengaruhi mental dan perilaku generasi muda. Seperti kecanduan terhadap konten-konten negatif.

Sisi buruk dunia digital bisa mempengaruhi mental, kecanduan, bisa ketawa-ketiwi empat jam sehari tidak ada manfaatnya.

Selain itu, pengaruh buruk lainnya yaitu berita bohong yang mudah beredar di ruang cyber. Oleh karena itu, jangan sampai mudah terpengaruh oleh berita bohong. Saring terlebih dahulu sebelum sharing.

Anak Muda Jawa Barat Harus Punya 4 Nilai

Kang Emil pun berpesan kepada generasi muda Jawa Barat harus memiliki 4 nilai yaitu, pintar atau IQ (intelligence quotient).  Kedua, harus berakhlak atau memiliki EQ (emotional quotient). Ketiga, harus memiliki SQ (social quotient) dan keempat memiliki PQ (physical quotient).

Anak, mahasiswa Jawa Barat harus pintar, beraklak, someah hade ka semah, santun. Komentar secukupnya, keluar dari mulut hal yang baik saja. Ngatri, sopan pada orang tua itu namanya berakhlak. Baik saja tak cukup, harus ahli ibadah, kalau cuman baik saja Anda selamatnya di dunia tapi tidak di akhirat,” ujar dia.

Ia pun menambahkan, agar generasi muda pun berhati-hati dalam bergaul. “Hati-hati juga dalam pergaulan juga. Ingat, anda adalah siapa teman anda, bergaul dengan orang saleh pasti kebawa saleh, bergaullah dengan orang pintar pasti kebawa pinter. Kalau mau optimis bergaullah dengan Pak Ridwan Kamil, insyaallah pasti optimis,” tutup dia. []

Baca juga:

Berita terkait
Melihat Potensi Kertajati Calon Ibu Kota Jawa Barat
Kecamatan Kertajati terdiri dari 14 kelurahan dengan pusat kegiatan masyarakat berada di Kelurahan Kertajati.
Segi Tiga Rebana, Tiga Lokasi Ibu Kota Baru Jawa Barat
Ridwan Kamil godok pemindakan ibu kota Jawa Barat dari Bandung ke satu dari tiga pilihan wilayah bernama Segi Tiga Rebana.
Enam Anggota DPRD Jawa Barat Paling Cantik
Dari 23 perempuan aggota DPRD Jawa Barat, ada enam di antaranya yang cantik mempesona walau tak lagi muda. Siapa saja mereka?
0
Pengaruh Tragedi 11 September Terhadap Perekonomian AS
Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan menyiapkan dana sebesar 100 miliar dollar AS untuk mengantisipasi krisis ekonomi di negara tersebut.