UNTUK INDONESIA

Pesan Gubernur Aceh untuk Siswa yang Sekolah Tatap Muka

Gubernur Aceh Nova Iriansyah memantau penerapan protokol kesehatan Covid-19 di sejumlah sekolah di Banda Aceh.
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, didampingi Plt. Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, meninjau penerapan protokol kesehatan di SMA Negeri 1 Banda Aceh, Kamis, 7 Januari 2020.

Banda Aceh - Gubernur Aceh Nova Iriansyah memantau penerapan protokol kesehatan Covid-19 di sejumlah sekolah di Banda Aceh, Kamis, 7 Januari 2020. Kunjungan dilakukan Nova secara mendadak untuk melihat langsung ektifitas belajar-mengajar di tengah pandemi Covid-19.

Gubernur yang didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Al Hudri, memulai kunjungannya ke SMAN 1 Banda Aceh yang terletak di kawasan Blang Padang.

Gubernur tiba di SMAN 1 pukul 12.30 dan disambut Kepala SMAN 1 Banda Aceh, Usman. Gubernur Nova segera meninjau sejumlah ruang kelas di mana poses belajar-mengajar secara tatap muka sedang berlangsung.

Gubernur Nova mengapresiasi kondisi di ruang kelas di mana para siswa dan guru tampak mengenakan masker. Selain itu jarak duduk antar siswa juga diatur menyesuaikan standar protokol kesehatan.

Termasuk saat pulang sekolah, tidak boleh keluyuran.

Gubernur Nova pada kesempatan itu juga menyapa para siswa dengan bertanya pengetahuan mereka tentang protokol kesehatan.

“Ada yang tahu apa itu 3 M?” tanya Gubernur yang kemudian dijawab serentak oleh para siswa.

“3 M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar siswa serentak.

Gubernur Nova mengingatkan siswa untuk serius mengamalkan 3 M demi menghindari penularan Covid-19. Selain penerapan 3 M, lanjut Gubernur, para siswa juga harus membiasakan diri menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Secara khusus Gubernur juga berpesan agar para siswa tidak berkerumun dalam setiap momen di sekolah, baik di dalam kelas maupun saat jam istirahat di kantin. “Termasuk saat pulang sekolah, tidak boleh keluyuran,” katanya.

Ketidakdisiplinan siswa dalam menjaga protokol kesehatan, lanjut Gubernur, tidak hanya berdampak pada siswa itu sendiri. Tetapi juga akan membahayakan keluarga mereka.

“Jangan keluyuran karena kalau kalian terpapar, kalian akan membawa pulang virus ke rumah. Sayangi orang tua di rumah,” ujarnya.

Peninjauan proses belajar-mengajar juga dilanjutkan ke SMK 2 Banda Aceh di kawasan Lhong Raya. Di sana Gubernur disambut Kepala Sekolah, Muhammad Husein dan sejumlah dewan guru.

Di SMK 2 Gubernur juga tampak memeriksa kesiapan sekolah dalam menggelar proses belajar-mengajar di tengah pandemi Covid-19. Gubernur meninjau sejumlah fasilitas pencuci tangan yang disediakan di berbagai titik di sekolah. Gubernur juga memantau beberapa ruang belajar siswa dan meminta mereka untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan.

“Hal paling sederhana namun sangat besar manfaatnya di tengah pandemi Covid-19 adalah menerapkan protokol kesehatan. Jangan pernah bosan menerapkan 3 M,” katanya. []

Berita terkait
Tahun Baru, Kasus Virus Corona Meningkat Tajam di Aceh
Tren kasus terkonfirmasi positif virus corona di Aceh terus meningkat dalam minggu pertama tahun 2021.
Gudang Penyimpanan Vaksin Sinovac Dijaga Ketat Polisi di Aceh
Kepolisian Banda Aceh menjaga ketat gudang penyimpanan vaksin Sinovac di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Banda Aceh
Polisi Tangkap 6 Penyelundup 61 Kilogram Sabu di Aceh
Polisi berhasil menggagalkan penyelundupan 61 kilogram narkoba jenis sabu jaringan internasional di Aceh.
0
Pesan Gubernur Aceh untuk Siswa yang Sekolah Tatap Muka
Gubernur Aceh Nova Iriansyah memantau penerapan protokol kesehatan Covid-19 di sejumlah sekolah di Banda Aceh.