UNTUK INDONESIA
Pesan Ganjar Pranowo Kepada Pejuang CPNS 2019
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjelaskan pihaknya membuka formasi CPNS 2019 bagi penyandang disabilitas dan peraih cum laude.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (foto: Tagar/Arif Purniawan).

Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) resmi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada 11-26 November mendatang. 

Pemprov Jateng mendapat kuota sebanyak 1.409 formasi, terdiri dari 551 tenaga guru, 316 tenaga kesehatan dan 542 tenaga teknis. Di antara formasi yang tersedia, pihaknya juga membuka peluang bagi penyandang disabilitas.

“Penyandang disabilitas, kita membuka ruang itu, silakan mendaftar. Yang (tuna) daksa ikut umum, yang cumlaude ada 30 formasi, mudah-mudahan yang di sekolah cum laude bisa mendaftar di sini,” kata Ganjar Pranowo, Kamis, 7 November 2019, di Semarang.

Menurut politikus PDIP ini, Pemprov Jateng dari sisi fasilitas, anggaran, tempat, dan personel siap melaksanakan rekrutmen CPNS 2019. Termasuk pertimbangan-pertimbangan yang rawan terjadi, seperti gangguan cuaca dan hujan, yang bisa mengganggu proses rekrutmen, pihaknya akan menyiapkan beberapa tenda apabila diperlukan.

Tes CPNS dengan sistem computer Assisted test (CAT) tersebut akan dilaksanakan pada Februari 2020. Setiap hari, rata-rata yang mengikuti tes dengan komputerisasi dia prediksi ada sekitar 500 pendaftar. Dalam sehari bisa 2.500 pendaftar yang ikut tes. Sebelumnya, akan dilakukan simulasi terlebih dulu agar saat berlangsungnya tes tidak ada gangguan.

Oleh karena itu Ganjar meminta publik bisa mendaftar dengan baik dan menghindari calo yang mengaku bisa memuluskan untuk menjadi abdi negara, karena dipastikan itu suatu bentuk penipuan. Menurut dia, penerimaan CPNS 2019 ini berlangsung transparan.

“Siapapun kalau ada yang menawari, bahwa dia bisa memasukkan, bayar, ciri-ciri calo laporke, aku ketak. Syukur-syukur foto raine, video, laporke aku, ngko tak laporke polisi gampang,” tuturnya.

Ganjar berencana menyiapkan help desk yang bisa menjadi sarana bagi pendaftar untuk melapor jika menemukan pihak-pihak yang berbuat curang dalam seleksi abdi negara tersebut. Diperkirakan jumlah pendaftar CPNS tahun ini sekitar 50-70 ribu.

“Kabupaten/kota menyelenggarakan seleksi sendiri-sendiri dengan 13.590 formasi,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng Wisnu Zaroh berharap masyarakat dapat mencermati, dan memahami segala ketentuan pendaftaran dan persyaratan dalam pengumuman. 

Jika ditemukan kesulitan, pelamar dapat mengakses informasi melalui Frequently Asked Question (FAQ) pada SSCASN yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala pelamar.

“Persiapkan dokumen-dokumen dengan benar dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan ketentuan persyaratan. Seluruh proses pengadaan CPNS 2019 tidak dipungut biaya apapun, dan kami imbau untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan dan pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan seleksi CPNS,” kata Wisnu. []

Berita terkait
Cara Daftar CPNS 11 November 2019
Ribuan lowongan kerja di kementerian dan pemerintah daerah menanti Anda. Daftar 11 November 2019. Berikut tata cara ikut CPNS 2019.
5.203 Lowongan CPNS 2019 Dibuka Kejaksaan Agung
5.203 posisi CPNS dibuka di lingkungan Kejaksaan Agung untuk tahun 2019. Ribuan untuk lulusan SMA.
Gadis Taput Gagal CPNS, Tayang di Hotman Paris Show
Gadis asal Tapanuli Utara, Eliza Imelda Hutapea yang gagal CPNS 2018 bakal show di acara Hotman Paris Hutapea.
0
Presiden Venezuela Kecam Kudeta Bolivia
Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengecam kudeta Bolivia.