UNTUK INDONESIA
Perusakan GBT, Polisi Akan Periksa Koordinator Bonek
Polisi akan memanggil korlap Bonek terkait perusakan dan pembakar fasilitas di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.
Suporter Persebaya Surabaya membakar papan sponsor usai timnya dikalahkan PSS Sleman 2-3 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa 29 Oktober 2019. (Foto: ANTARA/Moch Asim)

Surabaya - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) akan memanggil koordinator lapangan (korlap) Bonek terkait perusakan dan pembakaran fasilitas di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya. 

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan pemanggilan koordinator Bonek untuk proses penyelidikan. 

"Kita akan kirim surat pemanggilan buat korlap. Pemeriksaan pekan depan," kata Barung, di Mapolda Jatim, Selasa, 5 November 2019.

Barung menegaskan insiden pembakaran sebagian fasilitas GBT yabg terekam video. Untuk pemeriksaan, kata Barung, Polda juga meminta Polrestabes Surabaya untuk membantu dalam hal pemeriksaan.

Kita akan kirim surat pemanggilan buat korlap.

"Jumlah saksinya banyak, untuk itu kita libatkan Polrestabes Surabaya. Kita akan pilah-pilah dulu," ujar mantan Kabid Humas Polda Sulsel ini. 

Barung mencontohkan korlap yang akan dipanggil adalah sisi timur GBT. Mengingat setiap kelompok suporter dalam satu wilayah dibawah komando korlap sebagai penanggungjawab.

"Kalau tidak salah yang sisi timur (yang terbakar). Suporter ini kan ada korlapnya yang penanggungjawabnya. Maka kita akan panggil," terangnya.

Menurut Barung, hasil pemeriksaan labfor video pembakaran, terlihat ada sekitar 2.200 suporter yang masuk ke lapangan pada saat pertandingan Persebaya melawan PSS Sleman

"Kita sudah identifikasi hasil labfor tentang visual video yang sudah kita miliki," ungkapnya.

Sebelumnya pertandingan Persebaya melawan PSS Sleman pada Selasa, 29 Oktober 2019 di Stadion GBT berakhir dengan skor 3-2. Kekalahan Persebaya membuat Bonek merusak hingga pembakaran sebagian fasilitas GBT. []

Baca Juga: 

Berita terkait
Polisi Usut Bonek Dalang Pembakaran Gelora Bung Tomo
Polda Jatim bakal melakukan penyelidikan terkait pengrusakan dan pembakaran fasilitas di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT)
Bonek Rusuh di Pertandingan Persebaya Vs PSS Sleman
Ratusan suporter Bonek Mania Persebaya turun ke lapangan usai timnya dikalahkan PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.
Nasihat Khofifah Buat Suporter Persebaya Pasca Ricuh
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyayangkan kerusuhan pasca pertandingan Persebaya Surabaya melawan PSS Sleman di Stadion GBT.
0
Atlet Asal Gowa Sumbang Tiga Medali di SEA Games
Anwar memenangi laga Man Kano jarak 1.000 meter bersama tandemnya Yudi Firmansyah untuk medali emas pertama.