Perusahaan Tambang Emas Milik Peter Sondakh IPO Hari Ini

Emiten dengan kode saham ARCI ini akan menawarkan 3.735.250.000 saham dengan harga penawaran saham Rp750 per saham.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - PT Archi Indonesia Tbk akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin, 28 Juni 2021.

Emiten dengan kode saham ARCI ini akan menawarkan 3.735.250.000 saham dengan harga penawaran saham Rp750 per saham. Adapun bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek diantaranya PT BNI Sekuritas, PT Citigroup Sekuritas Indonesia, PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, PT UOB Kay Hian Sekuritas.

Mengutip prospektus, sekitar 95% dana hasil IPO akan digunakan Archi Indonesia dan atau entitas anak untuk pembayaran sebagian pokok utang bank. Kemudian, sisa dana akan digunakan perusahaan, PT Meares Soputan Mining (MSM) dan atau PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) untuk pembiayaan kegiatan operasional dan modal kerja.

Archi, yang pemiliknya adalah Peter Sondakh ini memiliki lokasi tambang di provinsi Sulawesi Utara, mulai beroperasi sejak 2011 dan telah memproduksi total 1.9 juta ons (setara dengan 58 ton) emas hingga 2020 dan memiliki Cadangan Bijih emas sebanyak 3,9 juta ons (setara dengan 121 ton) per akhir Desember 2020.

Archi dikenal dengan Tambang Emas Toka Tindung merupakan salah satu perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia yang terdiri dari dua Kontrak Karya yang dimiliki oleh Entitas Anak Archi, yaitu PT Meares Soputan Mining (PT MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (PT TTN).

Kedua Kontrak Karya ini berlaku hingga tahun 2041, dan bisa mendapatkan dua kali perpanjangan, masing-masing untuk jangka waktu maksimum 10 tahun. Tambang Emas Toka Tindung merupakan salah satu tambang emas yang memiliki tingkat Cadangan Bijih emas tertinggi serta Umur Tambang (Life-of-Mine – LOM) terpanjang di kawasan Asia Tenggara menurut konsultan industri pertambangan CRU International Limited (CRU).


Berikut jajaran pengurus Archi Indonesia.


Dewan Komisaris

Komisaris Utama : Rizki Indra Kusuma

Komisaris : Abed Nego

Komisaris : Ali Abbas Badre Alam

Komisaris Independen : Bambang Setiawan

Komisaris Independen : Hamid Awaluddin


Direksi

Direktur Utama : Kenneth Ronald Kennedy Crichton

Wakil Direktur Utama : Rudy Suhendra

Direktur : Shawn David Crispin

Direktur : Adam Jaya Putra

Direktur : Christian Emanuel David Sompie

Baca Juga: Akhirnya Papua Bisa Memiliki 10 Persen Saham Freeport

Berita terkait
IHSG Diprediksi Akan Menguat Hari Ini
Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, mengatakan secara teknikal Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan hari ini.
Agensi BTS Beli Seluruh Saham Agensi Justin Bieber Rp 15 T
Big Hit Entertainment tak lama lagi akan mengakuisisi Ithaca, yang dipimpin oleh manajer Justin Bieber Scooter Braun.
Asing Kompak Jual Saham BBRI dan BMRI, IHSG Merosot
Aksi jual Asing membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melelah 53,29 poin atau 0,88 persen ke 6.034, pada sesi terakhir perdagangan.
0
Perusahaan Tambang Emas Milik Peter Sondakh IPO Hari Ini
Emiten dengan kode saham ARCI ini akan menawarkan 3.735.250.000 saham dengan harga penawaran saham Rp750 per saham.