UNTUK INDONESIA

Persitoli Berubah Jadi Toli FC, Target ke Liga 2

Klub sepak bola pegunungan Papua, Persitoli Tolikara, berubah nama menjadi Toli FC. Klub pun targetkan promosi ke Liga 2 dan kemudian ke Liga 1.
Ketua Umum Toli FC Usman G. Wanimbo saat melakukan peluncuran nama dan logo baru Toli FC. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Klub sepak bola asal pegunungan Papua, Persitoli Tolikara, berubah nama menjadi Toli FC. Perubahan ini diharapkan memotivasi Toli FC berlaga di kasta tertinggi liga sepak bola Indonesia. Dan, target pertama klub Liga 3 ini tak lain promosi ke Liga 2. 

Perubahan nama sekaligus memperkenalkan logo baru Toli FC dilakukan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin 9 November 2020. Dalam kesempatan itu diluncurkan pula logo tim Persipura Tolikara putri yang berlaga di Liga 1.

Toli FC menjadi nama baru klub kebanggaan masyarakat Tolikara yang diharapkan bisa berprestasi dan segera naik kasta saat kompetisi digulirkan kembali. Sedangkan Waleman the Blues disematkan sebagai julukan bagi para pemain dan pendukung.

Kami sarankan pengurus klub menyampaikan surat secara resmi ditujukan kepada Asprov PSSI Papua agar diteruskan ke PSSI terkait perubahan nama Tolikara FC

Saat ini, Toli FC masih berkompetisi di Liga 3. Nomenklatur Toli FC diharapkan membawa prestasi baru bagi persepakbolaan Tolikara di mata pecinta sepak bola nasional. Ketua Umum Toli FC Usman G. Wanimbo berharap klub tak butuh waktu lama untuk bisa berlaga di Liga 2. 

"Tim sepak bola putri [Persipura Tolikara] sudah ada di Liga 1 Putri. Kami berharap tim putra bisa naik ke Liga 2," ujar Usman usai peluncuran Toli FC.

Menurut Usman peluncuran nama dan logo baru Toli FC sudah melewati proses yang matang dan membutuhkan waktu cukup panjang. Proses itu mulai dari sayembara logo yang diikuti 50 peserta, hingga pembenahan AD/ART klub.

Ihwal pergantian nama tak lepas dari masukan masyarakat Tolikara yang ingin klub kebanggaan dikenal secara spesifik, yaitu merujuk pada nama asal. Sejak berdiri pada 2003, manajemen mendapat masukan dari berbagai kalangan masyarakat agar nama klub diubah lebih singkat.

"Perubahan nama, penetapan logo baru dan perumusan AD/RT klub ini yang kami luncurkan. AD/RT akan kami daftarkan ke notaris dan Asosiasi Provinsi PSSI Papua dan PSSI," ujar Usman.

Usman juga menuturkan makna filosofis Waleman the Blues yang diharapkan mengangkat Toli FC dan disegani di Liga Indonesia. Walet biru tertera di atas bola dalam logo. Di kiri dan kanan terdapat 'honai' atau rumah adat pegunungan Papua yang diterjemahkan sebagai tempat berkumpul yang memberi kehangatan bagi siapa pun.

"Waleman adalah burung walet biru yang hanya ada di Tolikara. Burung ini terbang tajam, gesit, mencari makan bersama-sama serta kompak dalam keseharian," kata Usman menjelaskan filosofi kerja walet yang diharapkan dapat diterapkan dan dijaga tim.

Toli FC Sampaikan Perubahan Nama ke PSSI

Sementara, Wakil Ketua Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena mengatakan manajemen Toli FC harus segera menyampaikan surat resmi terkait pergantian nama. Dengan demikian perubahan nama bisa disahkan PSSI pada kongres yang akan datang. Bila sudah sah, klub akan memakai nama Toli FC di kompetisi.

"Kami sarankan pengurus klub menyampaikan surat secara resmi ditujukan kepada Asprov PSSI Papua agar diteruskan ke PSSI terkait perubahan nama Tolikara FC. Bila sudah ada surat resmi, perubahan nama ini masuk agenda pembahasan Kongres PSSI," kata Rocky.

Baca juga:

Kompetisi Amatir Liga 3 DIY Ditiadakan

Liga 3 Jateng Digelar Oktober, tapi Tanpa Suporter

Menurut Rocky, Usman Wanimbo merupakan sosok kepala daerah yang peduli kepada olahraga khususnya sepak bola. Apalagi, selama ini tim sepak bola putri Persipura Tolikara ditakuti di Liga 1 sepak bola putri Indonesia.

Tim Persipura Toli Putri baru saja mencatat prestasi di Liga 1 Putri 2019. Langkah mereka kandas di semifinal setelah dinyatakan kalah WO dari PS TIRA Kabo. Keputusan itu menuai protes dari manajemen klub. Bahkan manajemen mengadukan panitia Liga 1 Putri ke PSSI dan federasi sepak bola internasional atau FIFA. []

Berita terkait
Gelandang Muda Persipura Dipanggil Perkuat Timnas U-19
Salah satu pemain muda tim sepak bola kebanggaan Papua dipanggil bergabung memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia U-19. Ini namanya.
PT LIB Bayar Kontribusi 25 Persen ke Klub Liga 1
Klub Liga 1 tetap mendapat kontribusi komersial sebesar 25 persen selama kompetisi ditangguhkan. Kontribusi dibayarkan penuh bila liga bergulir.
Penyebab Liga 3 PSSI Jawa Timur Batal Digelar
Asprov PSSI Jawa Timur sudah menerima surat keputusan PSSI pusat tentang pelaksanaan kompetisi Liga 1, 2, dan 3 di tengah pandemi Covid-19.
0
Penyelenggara Pilkada 2020 Dilarang Nongkrong di Warung Kopi
DPKK melarang semua penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu) tidak nongkrong di warung kopi selama masa Pilkada 2020.