UNTUK INDONESIA
Perjalanan WN Jepang, dari Malaysia Lalu Menginfeksi 2 Warga Depok
Seorang WN Jepang diketahui telah menginfeksi warga Depok setelah ada pelacakan pergerangan warga Jepang itu.
Ilustrasi Penyebaran virus Corona. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja/wsj)

Jakarta - Seorang Warga Negara (WN) Jepang diketahui telah menginfeksi warga Depok setelah ada pelacakan terhadap pergerakan warga Jepang tersebut. Hal itu dibenarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Senin, 2 Maret 2020.

Dia sekarang dirawat di bangsal isolasi Rumah Sakit Kuala Lumpur.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif Corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," ucap Jokowi.

Baca juga: 26 Pasien Suspect Corona, Dinkes DKI: Jangan Cemas

Tim yang melakukan pengecekan terhadap WN Jepang, kata Jokowi, kemudian mendapati siapa saja yang ditemui oleh warga negara Jepang ini. Kemudian ditemukan dua orang yang memiliki hubungan ibu dan anak dinyatakan positif Corona.

"Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Malaysia melaporkan tiga kasus baru Covid-19. Salah satunya WN Jepang berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia. Ia sempat dikabarkan melakukan perjalanan ke Indonesia.

Baca juga: Anies: 115 Orang Terkait Corona Dipantau di Jakarta

WN Jepang yang terinfeksi Corona merupakan kasus ke-24 yang terkonfirmasi positif di Malaysia. Ia sempat melakukan perjalanan ke Indonesia pada awal Februari lalu dan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Jumat, 27 Februari 2020.

Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan saat ini WN Jepang tersebut tengah diisolasi.

"Dia sekarang dirawat di bangsal isolasi Rumah Sakit Kuala Lumpur," kata Dr Noor, seperti diberikan Malaymail, Minggu, 1 Maret 2020. []

Baca juga: Kadispar DKI Optimis Corona Tak Pengaruhi Pariwisata

Berita terkait
Menteri Terawan Benarkan Dua Warga Depok Kena Corona
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan ada dua orang warga Depok terkena virus Corona.
Daftar 16 Negara Asia Belum Kena Virus Corona
Virus Corona atau Covid-19 belum menyebar di beberapa negara di Asia seperti Indonesia. Berikut daftarnya.
Jokowi Konfirmasi Dua Orang Positif Corona di Jakarta
Presiden Jokowi mengumumkan dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona di Jakarta.
0
Sepatu Ariel Noah Laku Rp 30 Juta Dalam Lelang Amal
Sepasang sepatu milik Ariel Noah terjual dengan harga Rp 30 juta dalam sebuah acara lelang amal korban virus corona yang diinisiasi Armand Maulana.