Perjalanan Panjang Robert De Niro di Dunia Film

Bintang film, Robert De Niro telah membintangi banyak film sampai saat ini, di usia 77 tahun, De Niro masih aktif di beberapa film
Pesona Robert De Niro pada film yang meraih penghargaan pertamanya, The Godfather: Part II (1974). (Foto: looper.com)

Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan aktor senior Robert De Niro? Aktor dengan kemampuan aktingnya yang luar biasa ini telah membintangi lebih dari 100 film layar lebar dan hingga saat ini dia masih aktif dalam membintangi beberapa film. Film-film terkenal yang dibintangi DeNiro, seperti, The Godfather: Part II (1974), Taxi Driver (1976), Goodfellas (1990), dan masih banyak lagi.

Peran De Niro dalam film Midnight Run sebaga polisi, dirilis tahun 1988, merupakan film komedi, tapi tidak diperankan oleh pelawak atau komedian. Ini bisa jadi patokan bagi insan film di Indonesia karena tanpa pelawak film ini menggelikan. Berbeda dengan film nasional yang lucu justru pemainanya bukan cerita film.

Robert De Niro atau Robert Anthony De Niro lahir di New York City, Amerika Serikat (AS), pada 17 Agustus 1943. Kedua orang tuanya merupakan seorang seniman, Ayahnya, Robert De Niro Sr adalah seorang pelukis dan pematung. Sedangkan Laksamana Virginia Holton yang merupakan Ibunya adalah seorang penyair dan pelukis.

de niro dan istrinyaRobert De Niro bersama sang istri, Grace Hightower dalam Festival Film Tribeca. (Foto: Michael Brochstein/Pagesix.com)

Orang tua Robert dijuluki sebagai “pasangan emas” dalam kalangan seni di New York, namun mereka berpisah pada tahun 1945. Saat itu, hak asuh jatuh ke tangan Ibu Robert. Walau demikian, Robert masih berhubungan baik dengan Ayahnya. Robert sering menghabiskan waktu untuk menonton film bersama ayahnya, saat itu Robert menyukai film-film yang dibintangi aktris Swedia, Greta Garbo.

Pada usia 10 tahun, De Niro bersekolah di Public School 41 di Greenwich Village, di sinilah Robert melakukan debutnya yang pertama kali. De Niro berperan sebagai Singa Pengecut di the Wizard of Oz. Setelah itu, De Niro diterima di Sekolah Tinggi Musik dan Seni. Namun itu tak berjalan lama, Karena beberapa alasan Robert keluar dari sekolahnya.

Pada tahun 1960, De Niro pergi ke California untuk belajar akting dengan bergabung di Stella Adler Conservatory (sekarang Stella Adler Studio of Acting). Namun, tak berselang lama De Niro berhenti dari Stella Adler Conservatory. Sekolah tersebut pendukung kuat metode akting Stanislavski, yaitu melibatkan penyelidikan karakter psikologis yang mendalam.

Selanjutnya, atas izin Virginia, De Niro diperbolehkan menggunakan uang tabungannya untuk melanjutkan karir aktingnya. De Niro belajar dengan Lee Strasberg di Studio Aktor di New York City yang kemudian mengikuti audisi. Karirnya sebagai seorang aktor dimulai pada tahun 1963, saat muncul di dalam film karya Brian De Palma yaitu The Wedding Party.

Aktor pemula ini mulai mendapat perhatian para penontonnya saat memainkan peran dalam film Bang The Drum Slow dan Mean Streets yang diluncurkan tahun 1973. Setahun setelahnya Robert meraih gelar pertamanya sebagai aktor pendukung terbaik atas film yang diperankannya yaitu The Godfather: Part II karya Francis Ford Coppola. Perannya sebagai Vito Corleone tersebut membuatnya memenangkan Academy Award bergengsi.

De Niro kembali bermain peran dengan sutradara yang sama pada film Mean Streets, Martin Scorsese. Disana Robert kembali memenangkan penghargaan Academy Award sebagai aktor terbaik dalam film Taxi Driver (1976). Penghargaan tersebut juga Robert raih pada film Raging Bull (1980). Robert melanjutkan kesuksesan bersama sutradara pada film-film seperti New York, New York (1977), The King of Comedy (1983), Goodfella (1990), Cape Fear (1991), dan Casino (1995).

Pada tahun 1993, De Niro memulai gebrakan baru dengan menduduki posisi sutradara, memulai debut penyutradaraan tersebut dengan film A Bronx Tale (1993) dan selanjutnya pada film The Good Shepherd (2006).

Kecintaannya terhadap dunia akting telah membawanya melakukan berbagai genre film seperti aksi, komedi, romantis, dan thriller. Kesuksesannya ini juga membawanya ke berbagai penghargaan bergengsi.

Robert De NiroRobert De Niro. (Foto: Instagram/@Robert_de_niro_official)

De Niro memiliki hubungan asmara dengan aktris Diahnne Abbott dan pada tahun 1976 mereka memutuskan untuk menikah. Atas pernikahannya, mereka dikaruniai seorang putra Raphael. Namun pada 1988 mereka bercerai. De Niro sempat dikabarkan berhubungan cukup lama dengan seorang model, Toukie Smith. Lalu mereka menghasilkan putra kembar pada 1995.

Kemudian pada tahun 1997, D Niro menikah dengan Grace Hightower dan dikaruniai seorang putra bernama Elliot. Belum lama ini, kabar miring menerpa hubungan mereka. Aktor dengan segala penghargaannya itu dikabarkan menggugat cerai istrinya lantaran sang istri meminta uang dengan jumlah yang tak masuk akal.

Melihat kondisi saat ini yang masih pandemi, sang istri diduga memeras harta De Niro dengan cukup banyak. Gaya hidup sang istri membuat De Niro masuk ke dalam krisis keuangan (dari berbagai sumber). []

- Dwi Oktaviani

10 Orang Hebat di Balik Pembuatan Film Joker

Film Joker Miliki Tujuh Fakta Tersembunyi

Raup Rp 2 Triliun, Film Bohemian Rhapsody Rajai Box Office

10 Hal Paling Menarik di Balik Pembuatan Film Joker

Berita terkait
Joker Muncul di Film Justice League Snyder Cut, Ini Kata Jared Leto
Aktor pemeran Joker versi DC Universe, Jared Leto, memberikan penilaian dan tanggapan atas penayangan film Justice League versi Snyder Cut.
0
Perjalanan Panjang Robert De Niro di Dunia Film
Bintang film, Robert De Niro telah membintangi banyak film sampai saat ini, di usia 77 tahun, De Niro masih aktif di beberapa film