UNTUK INDONESIA
10 Orang Hebat di Balik Pembuatan Film Joker
Film Joker yang menggemparkan dunia termasuk Indonesia, melibatkan banyak orang hebat dalam proses pembuatannya. Berikut 10 di antaranya.
Joaquin Phoenix dalam film Joker. (Foto: Warner Bros Pictures)

Jakarta - Film Joker disutradarai Todd Phillips menggemparkan dunia. Begitu juga ketika film ini tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada Rabu, 2 Oktober 2019. Perhatian publik luar biasa.

Penghayatan Joaquin Phoenix yang sangat tinggi sebagai Arthur Flack (Joker) membuat para penonton memperhatikan film sampai habis. Hingga film ini diprediksi akan masuk nominator Oscar 2020.

Sebagai salah satu karekter penjahat paling ikonik dari DC, Joker merupakan film paling laris yang pernah dilkeluarkan. Sebagai penjahat ikonik DC, film Joker mampu mendongkrak DC dan bersaing dengan Marvel Studios.

Meski tidak memiliki kekuatan super layaknya superhero beserta musuh-musuh superhero yang lain, sosok Joker selalu berhasil menarik perhatian pecinta komik dan film atas kekejaman dan kegilaannya.

Film Joker mengisahkan seorang yang menjadi korban keadaan. Arthur Fleck, seorang badut berusia 40 tahun, bersama ibunya, Penny, tinggal di Kota Gotham yang kacau-balau. Menderita kelainan otak menyebabkan Arthur Fleck tertawa pada waktu yang tidak tepat dan sering mengunjungi pekerja layanan sosial untuk mendapatkan obat.

Menempuh karier sebagai badut jalanan, Arthur Fleck mengalami perjalanan duka yang panjang sampai papan namanya dirampas dan ia dipukuli berandal jalanan. Langkah panjang dan berat, mengantarkan Arthur Fleck ke jurang yang dalam, memicu kebencian orang miskin kepada orang kaya Gotham.

Musuh terkenal sadis dari Batman ini tidak diketahui motif dari pembunuhan kejinya itu. Joker dikenal sebagai badut sangat psikopat yang pernah ada. Sebagai penjahat sangat psikopat, Joker mampu mengalahkan musuh-musuh, yaitu pahlawan super.

Karena flm ini mengisahkan tentang psikologi seseorang, pemutaran perdananya di New York dijaga ketat pihak kepolisian setempat. Dikhawatirkan kejadian seperti saat pemutaran film The Dark Knight terulang kembali.

Film yang sangat memukau penonton ini menuai banyak kontroversi. Karena film ini berkaitan psikologi manusia, dikhawatirkan ada yang merasakan kesamaan kemudian menjadi Joker lain.

Film Joker ditayangkan perdana di Festival Film Venesia pada 31 Agustus 2019, ditayangkan di Indonesia 2 Oktober 2019, dan ditayangkan di Amerika Serikat 4 Oktober 2019.

Film Joker melibatkan banyak orang hebat dalam proses pembuatannya. Berikut 10 di antaranya.

1. Todd Phillpis

Todd PhillpisTodd Phillpis. (Foto: Instagram/@toddphillips)

Menyutradarai film ternama abad ini, Joker. Todd Phillips juga pernah menulis dan menyutradarai film terkenal lain seperti Road Trip, Old School, The Hangover (film series), Due Date, Project X.

Phillips lahir pada 20 Desember 1970 di Brookyn, New York, Amerika serikat. Lelaki berkebangsaan Amerika Serikat ini bekerja sebagai sutradara, penulis naskah, produser, dan juga aktor. Memulai karier pada 1994, kini Phillips berada di atas berkat film Joker yang ia sutradarai.

Phillips lahir dari keluarga berlatar belakang Yahudi. Dibesarkan di Huntingon, New York. Phillips pernah kuliah di Sekolah Film Universitas New York, tapi keluar untuk fokus menyelesaikan film pertamanya. Waktu itu Phillips juga bekerja di Video dan Musik Kim.

Sepanjang meniti karier sebagai sutradara, produser, dan aktor, Phillips beberapa kali memenangkan penghargaan seperti Festival Film New Orleans kategori film dokumentar terbaik, Festival Film Internasional San Francisco kategori piagam penghargaan, Festival Film Sundance kategori documenter hadan Grand Jury, Penghargaan Golden Globe kategori film bergerak terbaik – musical atau komedi, menerima Golden Lion dalam Festival Film Internasional Venice ke-76.

Dalam film Joker yang disutradarainya, digadang-gadang akan mendapatkan penghargaan Oscar karena banyak yang menyukai film buatannya itu.

2. Bradley Cooper

Bradley CooperBradley Cooper. (Foto: Instagram/@bradlycooperofficial)

Pria kelahiran Philadelphia, Amerika Serikat, 5 Januari 1975. Produser ini berkebangsaan Amerika Serikat, dikenal karena pernah memerani film The Hangover, The A-Team, Wedding Crashers, dan Limitless. Majalah People pernah mengatakan Cooper “Sexiest Man Alive” pada 2011.

Cooper dibesarkan di Jenkintown. Anak dari pasangan Charles J. Cooper dan Gloria ini berhasil memproduseri film yang menggemparkan jagad layar lebar, yaitu Joker

Bredley dibesarkan secara katolik. Ketika menghadiri Germantown akademi, Bredley bekerja di Philadelphia Daily News. Pada 1993 Bredley lulus dari Germantown, ia menghadiri Villanova University untuk tahun pertamanya. Bredley pindah ke Germantown University, ia lulus degan gelar kehormatan BA dalam Bahasa Inggris pada 1997.

Saat di Germantow, Bradley fasih berbahasa Inggris dan menghabiskan enam bulan sebagai siswa pertukaran di Aix-en-Provence, Prancis.

Bradley menerima penghargaan dari sekolah Drama Studio Aktor di The New School di New York pada 2000.

3. Emma Tillinger Koskoff

Emma Tillinger KoskoffEmma Tillinger Koskoff. (Foto: Instagram/@msd_on_tv)

Berhasil memproduseri film Joker, namanya naik daun bersamaan dengan Todd Phillips dan Bradley Cooper. Film yang ia produseri menggemparkan dunia. Banyak kontroversi akan filmnya itu, namun pujian keberhasilan film DC itu berhasil mendongkrak DC dari keterpurukan.

Emma memulai karier di Artist Management Group, di mana ia berkarya untuk salah satu pendiri Rick Yorn. Anak dari pasangan Jhon Tillinger dan Dorothy Lyman ini mempunyai adik bernama Sebastian Tilinger yang juga merupakan seorang aktor.

Emma bergabung dengan perusahaan produksi Martin Scorsese. Berawal menjadi asisten Scorsese sebelum ia dipromosikan menjadi presiden produksi pada 2006.

Emma pernah dinominasikan untuk penghargaan akademik untuk film terbaik atas film The Wolf of Wall Street pada tahun 2013 dengan produser sejawatnya Martin Scorsese, Leonardo Di Caprio, dan Joey Mc Farland.

4. Joaquin Phoenix

Joaquin PhoenixJoaquin Phoenix. (Foto: Instagram/@joaquinphoenixactor)

Mempunyai nama lengkap Joaquin Rafael Phoenix adalah seorang aktor, produser, dan aktivis kebanggaan Amerika Serikat. Sebagai aktor Joaquin pernah meraih Grammy Award, Golden Globe Award, dan tiga nominasi Academy Award.

Pria kelahiran San Juan, Puerto Rico ini bertempat tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Anak dari pasangan Heart dan John Lee Phoenix ini memiliki 4 saudara kandung, River Phoenix, Rain Phoenix, Liberty Phoenix, Summer Phoenix. Joaquin pernah mengamen untuk mencukupi kehidupan bersama dengan saudara-saudarinya.

Joaquin dikenal dengan profesionalitasnya dalam berakting. Dalam film Joker untuk dapat mendalami peran, Joaquin dikabarkan memasuki rumah sakit jiwa, dan dalam syuting untuk dapat membangkitkan kebencian sesungguhnya terhadap Robert De Niro, Joaquin tidak berbicara kepadanya.

Digadangkan karena totalitasnya dalam memerankan karakter Joker, Joaquin akan masuk dalam nominasi Oscar 2020.

5. Robert De Niro

Robert De NiroRobert De Niro. (Foto: Instagram/@Robert_de_niro_official)

Dikenal dengan Murray Franklin dalam film Joker. Lelaki berkebangsaan Amerika Serikat ini adalah seorang aktor, sutradara, dan produser di Amerika Serikat. De Niro sudah membintangi lebih dari 100 film. Debut film besar pertamanya saat drama olahraga Bang The Drum Slowly (1973) dan film kejahatan arahan sutradara Martin Scorsese, Mean Streets (1973).

Robert De Niro pernah memenangkan Academy Award untuk aktor pendukung terbaik, ketika itu De Niro berperan sebagai Vito Corleone dalam film The God Father Part II.

Pria kelahiran 17 Agustus 1943 ini telah berlaga dari tahun 1965, hal ini membuatnya sangat totalitas dan profesional ketika memerankan Murray Franklin dalam film Joker yang sedang booming saat ini.

6. Zazie Beetz

Zazie BeetzZazie Beetz. (Foto: Instagram/@zaziebeetz)

Mempunyai nama asli Zazie Olivia Beetz merupakan seorang aktris Amerika Serikat-Jerman. Ia dikenal sebagai aktris dalam serial drama komedi FX Atlanta (2016-sekarang). Zazie pernah juga membintangi film keluaran Marvel Studios, yaitu Deadpool 2.

Berperan sebagai tetangga Arthur Flek (Joker), Sophie Dumond. Pacar khayalan Arthur Fleck ini lahir di Mitte, Berlin, Jerman. Pernah belajar di Berlin hingga ia pindah bersama keluarganya ke New York membuat Zazie terbiasa berbicara Bahasa Inggris dan Jerman dengan keluarganya di rumah.

Zazie mulai tertarik dengan dunia akting saat ia menempuh pendidikan di Muscota New School dan tampil di teater komunitas dan di panggung lokal. Memulai karier perfilman sejak 2013. Pada 2016 Zazie juga mengikuti acara televisi.

7. Frances Conroy

Frances ConroyFrances Conroy. (Foto: PopSugar)

Berperan sebagai ibunda Arthur Fleck dalam film Joker. Conroy adalah seorang aktris Amerika kelahiran 13 November 1953. Conroy terkenal saat bermain Ruth Fisher di serial televisi Six Feet Under. Karena hal itu Conroy memenangkan beberapa penghargaan seperti Golden Globe, dan tiga Screen Actors Guild Awards.

Banyak penghargaan diraih wanita berkebangsaan Amerika ini. Tidak salah Todd memilihnya memerankan karakter ibu Joker yang mengalami gangguan kejiwaan. Conroy memerankan karakter Penny Fleck dengan sangat dalam sehingga merasa tersentuh dan kagum.

Putri dari pasangan Vincent Paul Conroy dan Ossie Hardman berhasil dalam dunia perfilman. Ayahnya keturunan Irlandia adalah seorang eksekutif bisnis dan ibunya seorang pebisnis.

Conroy juga pernah membintangi American Horror Story; Apocalypse sampai 7 kali tampil dalam acara itu.

8. Brett Cullen

Brett CullenBrett Cullen. (Foto: Instagram/@brettcullenofficial)

Mempunyai nama asli Peter Brett Cullen, lahir 26 Agustus 1965 ini berhasil berlaga dengan baik dalam film Joker. Memerankan karakter Thomas Wayne, seorang pengusaha kaya asal Gotham yang akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Gotham.

Cullen adalah putra dari Lucien Hugh Cullen dan Cathrine. Ayahnya seorang eksekutif industri minyak. Pernah menempuh pendidikan di Universitas Houston pada 1979 dan mendapatkan penghargaan.

Cullen memulai karier sebagai aktor pada 1986, namun sudah memasuki dunia pertelevisian pada 1980, acara teve pertamanya adalah Chisholms sebagai peran utama menggantikan Brian Kerwin.

9. Glenn Flesler

Glenn FleslerGlenn Flesler. (Foto: liverampup)

Berperan sebagai Randall dalam film Joker. Menjadi sosok teman Arthur Fleck yang jahat kepadanya, yang membuat Arthur menjadi seorang Joker yang keji. Randal yang juga seorang badut jalanan seperti Arthur memberikan Arthur senjata api karena ia melihat Joker sering dijahili berandal jalanan. Namun hal itu juga membuat Arthur kehilangan pekerjaannya karena ia ketahuan membawa senjata api saat sedang mengisi undangan menjadi badut dan Randal mengadu kalau Arthur membeli senjata api kepadanya.

Fleshler lahir pada 5 September 1968 dari keluarga Yahudi dan menempuh pendidikan di New York University.

Film besar pertama Flesler adalah A Price Above Rubies pada 1998. Pria bertubuh tambun ini juga mempunyai acara teve yang sangat banyak. Meniti karier perfilman pada 1998, masuk acara teve sejak 1993.

10. Bill Camp

Bill CampBill Camp. (Foto: Fandom)

Berperan sebagai detektif yang menyelidiki kasus pembunuhan sadis tiga orang pria yang bekerja pada Thomas Wayne. Nahasnya Garrity yang diperankan oleh Bill terbunuh oleh para badut karena melepaskan tembakan di kereta bawah tanah ketika mengejar Joker.

William adalah aktor asal Amerika Serikat. Lahir pada 13 Oktober 1961 di Massachusetts, Amerika Seikat. Bill muncul dalam banyak serial televisi dan menerima nominasi Primetime Emmy Award untuk perannya di miniseri The Night Of (2016). Pernah juga dinominasikan untuk Tony Award untuk perannya dalam kebangkitan Broadway 2016 The Crucible. []

(Muhammad Nefki Hasbiansyah)

Baca juga:

Berita terkait
Joker Ketar-ketir Digeser Maleficent: Mistress of Evil
Maleficent: Mistress of Evil diprediksi bakal menggeser posisi Joker dari tangga box office Amerika Utara. Film ini diperankan Angelina Jolie.
Tangis Sekaligus Tawa Joker ala Sujiwo Tejo
Seniman serba bisa Sujiwo Tejo menunjukan kemampuan aktingnya dengan meniru adegan tangis sekaligus tawa ala Joker versi aktor Joaquin Phoenix.
Enam Fakta Joaquin Phoenix Aktor Film Joker
Berikut enam fakta mengenai Joaquin Phoenix, aktor pemeran film Joker, mulai dari terjatuh dalam jurang alkoholik hingga menemukan cinta lokasi.
0
Tunggakan BPJS di RSUD Wates Rp 19,4 Miliar
BPJS Kesehatan punya tunggakan di RSUD Wates Rp 19,4 miliar. Rumah sakit ini akhirnya memilih efisiensi anggaran