UNTUK INDONESIA
Perjalanan Cinta Yusril Ihza Mahendra
Tidak hanya berpolitik, ternyata Yusril Ihza Mahendra memiliki perjalanan cinta yang berliku.
Perjalanan Cinta Yusril Ihza Mahendra. (Foto: Instagram/yusrilihzamhd)

Jakarta, (Tagar 27/3/2019) - Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) yang diangkat pada Muktamar IV PBB pada 26 April 2015. Tidak hanya berpolitik, ternyata pria lulusan Filsafat UI itu memiliki perjalanan cinta yang menarik untuk ditelusuri.

Ketua Umum DPP PBB ini ternyata sudah merasakan dua kali pernikahan. Pertama Yusril menikah dengan Kessy Sukaesih. Namun, kisah cinta mereka harus kandas di tengah jalan pada April 2006 silam. 

Yusril dan Kessy dikaruniai empat orang anak, yakni Yuri Kemal Fadlullah, Kenia Khairunissa, Meilany Alissa, dan Ali Reza Mahendra.  

Perceraian dengan istri pertama, terdaftar dengan nomer registrasi 118 di Pengadilan Agama Tigaraksa Jalan Abu Bakar Saleh, Kabupaten Tangerang, Banten. Tak ada yang mengetahui pasti apa penyebab mereka bisa bercerai. 

Setelah resmi bercerai dengan Kessy, Yusril sempat menduda selama lima bulan. Setelah itu, pria yang menjadi guru besar tata negara ini, terpikat dengan gadis keturunan Jepang berkebangsaan Filipina, bernama Rika Tolentino. Usia keduanya memang terbilang terpaut jauh sekitar 30 tahun.

Yusril meminang Rika di Masjid Ar-Rachman, Departemen Koperasi, Jakarta. Resepsi digelar di Hotel Four Seasons, Jakarta pada 17 September 2006. Awalnya Yusril dan Rika memiliki perbedaan agama. Tak mau dihalangi, dua minggu sebelum pernikahan, akhirnya gadis keturunan Jepang itu menjadi mualaf.

Mantan Mensesneg itu sengaja menyembunyikan pernikahannya. Terbukti saat resepsi pernikahan, tak ada di antara mereka memberikan pernyataan.  

Sosok Rika sempat menjadi perbincangan khalayak ramai. Bagaimana tidak, usia keduanya terpaut jauh. Saat itu Yusril sudah berusia 50 tahun menikah dengan gadis belia yang pantas menjadi anaknya.

Pernikahan Yusril dan Rika membuktikan, bahwa perbedaan usia bukan sebuah halangan untuk membangun bahtera rumah tangga. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua orang anak yaitu Ismail Zakariya dan Zulaikha.

Bukan soal ketampanan, Rika menerima Yusril jadi pendamping hidupnya. Ternyata ketertarikan perempuan ini, karena pria berkelahiran 5 Februari 1956 ini memiliki sosok yang intelektual dan sederhana.

Sudah sekitar 13 tahun mengarungi pernikahan, Rika terlihat setia mendampingi sang suami dari berbagai kunjungan kerjal di berbagai tempat. Meski perempuan kelahiran Filipina ini selalu bersentuhan dengan dunia politik, tetapi ia sama sekali tidak tertarik untuk menjadi politikus. []

Berita terkait
0
Pelajar di Padang Tersangka Usai Tabrak Mahasiswa
Seorang pelajar SMP di Kota Padang, Sumatera Barat menjadi tersangka usai menabrak pejalan kaki dan belasan sepeda motor.