Perhatikan 3 Hal Ini Jika Ingin Investasi Emas

Pilih produk investasi emas dengan cermat agar hasil investasinya maksimal.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Selain saham, reksadana, hingga properti, masyarakat luas juga telah mengenal emas perhiasan atau emas batangan sebagai instrumen investasi. 

Namun, sebelum mulai berinvestasi emas, ada beberapa hal yang harus diketahui agar anda bisa memaksimalkan hasil investasinya.


1. Pilih produk investasi emas dengan cermat

Untuk menabung emas, ada beberapa cara yang dapat Anda pilih. Bisa dengan membeli emas batangan, bisa dengan membeli perhiasan dan bisa juga dengan membuka tabungan emas. 

Ketiga cara ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Emas batangan harganya cenderung lebih stabil, tapi Anda tidak bisa menjadikannya sebagai perhiasan. Sebaliknya, perhiasan dapat digunakan sehari-hari namun harga jual kembalinya cenderung akan jatuh. Tabungan emas praktis dan mudah, tapi Anda harus mengajukan permohonan cetak jika ingin memegang emas dalam bentuk fisik.


2. Cek harga pasar

Saat anda tertarik untuk melakukan investasi, disarankan bagi anda untuk mencermati harga emas terbaru di pasaran. Apabila harga emas terkini memang sedang tidak stabil dan cenderung naik bahkan turun selama beberapa pekan terakhir, sebaiknya tunda dulu untuk melakukan investasi tersebut. Sementara itu, jangan berinvestasi dalam bentuk emas pada saat harga emas melonjak tinggi. Pasalnya, hal demikian akan berisiko membawa kerugian bagi anda di masa depan terlebih bila emas turun di pasaran.


3. Tempat membeli emas

Sangatlah penting menentukan tempat membeli emas yang baik. Belilah emas di toko yang memiliki reputasi yang jelas. Hal ini berguna untuk memberikan rasa aman dan kualitas yang baik. Perhatikan juga harga jual kembali di toko tersebut, jangan sampai harga jual kembali turun drastis. Hindari membeli emas dengan harga sama sesuai yang tercantum di surat. Untuk rekomendasi yang terjamin dan bersertifikat, pilihlah PT. Antam atau Pegadaian. []


Baca Juga



(Anfasya Qurratul Aini)

Berita terkait
Memasuki 2022, Ini 5 Peluang Ide Bisnis yang Dapat Dicoba!
Jika Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri, berikut adalah daftar besar peluang yang dapat Anda manfaatkan hari ini untuk menumbuhkan binis.
Hindari Hal Ini Saat Investasi Emas Online
Saat ini setiap orang dapat berinvestasi emas non fisik atau yang lebih dikenal dengan investasi emas digital.
4 Tips Investasi Emas Bagi Pemula Agar Tidak Salah Langkah
Emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, tapi juga bisa dijadikan investasi yang menguntungkan.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.