4 Tips Investasi Emas Bagi Pemula Agar Tidak Salah Langkah

Emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, tapi juga bisa dijadikan investasi yang menguntungkan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Mulai melakukan investasi adalah solusi yang tepat untuk mempersiapkan masa depan yang terjamin. Berinvestasi bisa dalam bentuk apapun, misalnya emas, tanah, saham, reksadana hingga properti.

Emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan, tapi juga bisa dijadikan investasi yang menguntungkan. Karena emas cenderung mengalami kenaikan dan jarang turun.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang mulai tergiur untuk melakukan investasi emas. Agar Anda tidak mengalami kesalahan meski pemula, inilah beberapa tips investasi emas yang benar.


1. Pastikan memiliki tujuan yang jelas

Sebelum terjun secara langsung, pastikan Anda sudah tahu tujuan investasi Anda. Banyak tujuan yang bisa Anda jadikan pilihan seperti tabungan untuk pernikahan, pendidikan, mempersiapkan hari tua atau sebagai dana darurat lainnya.

Sebagai contoh, Anda mentargetkan dalam 5 tahun ke depan Anda ingin menikah. Kemudian Anda bisa menyisihkan berapa persen dari gaji Anda sebagai setiap bulannya.


2. Selalu pantau perkembangan emas

Tips investasi emas selanjutnya ialah selalu pantau perkembangan emas secara berkala. Memantau perkembangan emas juga tidak sulit. Anda bisa mengunjungi situs-situs di internet yang menyediakan perkembangan harga emas.

Saat mengalami penurunan, Anda bisa membeli emas sebanyak-banyaknya. Ketika harga sudah melambung naik Anda bisa menjualnya. Ini cara sederhana jika Anda ingin memperoleh keuntungan dengan jangka waktu pendek.


3. Beli emas di tempat terpercaya

Pastikan Anda membeli emas di tempat terpercaya dan sudah resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tempat resmi biasanya memberikan surat-surat dan sertifikat terkait emas tersebut.

Contohnya di PT ANTAM, pegadaian, dan situs e-commerce yang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi. Keduanya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


4. Simpan emas di tempat yang aman

Meski emas adalah salah satu instrumen investasi yang aman. Anda juga harus hati-hati saat menyimpan emas. Emas mudah dicuri oleh orang lain. Oleh karena itu, pastikan Anda menyimpan emas di tempat yang aman. []

(Vidiana Lihayati)


Baca Juga

Berita terkait
Untung Rugi Investasi Emas Putih
Meskipun harga beli emas putih lebih mahal, namun harga jual emas putih lebih murah dibandingkan emas kuning.
Tips Investasi Emas dari Ustaz Yusuf Mansyur
Emas tidak hanya digunakan sebagai perhiasan semata, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan.
Potensi dan Resiko Berinvestasi Emas untuk Dana Pendidikan Anak
Dalam berinvestasi emas, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk menjualnya agar untung yang didapatkan maksimal.