UNTUK INDONESIA
Perhatian Jokowi Buat Petani dan Nelayan Masa Pandemi
Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan Presiden Jokowi untuk memproteksi petani dan nelayan agar tetap berproduksi pada masa pandemi Covid-19.
Ilustrasi - Petani mengelola sawah. (Foto: Pixabay/ecoyou)

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah menyiapkan empat skema untuk membantu para petani dan nelayan agar dapat tetap berproduksi dan menjaga ketersediaan bahan pokok selama masa pandemi Covid-19. Jokowi menyampaikan hal ini di laman Facebook, Kamis, 28 Mei 2020.

Pertama, melalui program jaring pengaman sosial untuk meringankan biaya konsumsi rumah tangga mereka.

Kedua, program subsidi bunga kredit yang saat ini sedang berjalan, melalui sejumlah program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar), pembiayaan ultramikro (UMi), pegadaian, hingga pembiayaan dan bantuan permodalan dari beberapa kementerian.

Ketiga, pemberian stimulus sebagai modal kerja bagi para petani dan nelayan yang dapat disalurkan melalui perluasan program KUR bagi para penerima yang dinilai layak kredit. Prosedur dan aksesnya dipermudah, sederhana, tidak berbelit-belit.

Keempat, bantuan melalui instrumen nonfiskal dengan cara mengupayakan kelancaran rantai pasokan yang akan meningkatkan produktivitas para petani dan nelayan. Diharapkan usaha pertanian dan perikanan bisa lebih baik melalui ketersediaan bibit, pupuk, dan alat-alat produksi.

Selengkapnya dalam infografis berikut ini.

Petani dan NelayanProgram pemerintah memproteksi petani dan nelayan di tengah pandemi Covid-19. (Sumber: Antara)

Baca juga:

Berita terkait
Jokowi Minta Tatanan New Normal Disosialisasikan Secara Masif
Jokowi meminta protokol tatanan new normal atau normal baru Kementerian Kesehatan segera disosialisasikan secara masif kepada masyarakat.
Mulai Hari Ini, Jokowi Kerahkan TNI Polri Disiplinkan Masyarakat
Dalam rangka lebih mendisiplinkan masyarakat, Presiden Joko Widodo akan mengerahkan aparat TNI dan Polri secara masif di titik-titik keramaian.
Jokowi Centre: Rakyat Indonesia Harus Tahu New Normal
New normal: pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan, tetap di rumah kalau tidak terlalu penting untuk berada di luar rumah. Produktif, sehat.
0
Panduan New Normal di Masjid Gereja Pura Wihara Kelenteng
Panduan new normal di masjid, gereja, pura, wihara, dan kelenteng. Tata cara melakukan kegiatan keagamaan di rumah ibadah selama masa pandemi.