Perdagangan Internasional Gencar Dilakukan! Ini Manfaatnya

Tagar telah merangkum beberapa manfaat dari perdagangan internasional pada Senin, 6 Desember 2021 di bawah ini yang wajib kamu ketahui.
Ilustrasi - Perdagangan Internasional (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Perdagangan Internasional sudah dilakukan sejak dahulu kala. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan laju ekonomi di setiap negara serta pertukaran logistik untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain. Ini sebabnya perdagangan internasional kerap dilakukan sebagai motor penggerak ekonomi suatu negara.

Berdasarkan laman repositori Kemendikbud, Perdagangan Internasional adalah kegiatan transaksi jual-beli barang dan jasa antarnegara. 

Perdagangan internasional dapat diartikan sebagai perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan Bersama.

Keterbatasan sumber daya alam yang dimiliki masing-masing negara juga menjadi latar belakang perdagangan internasional terjadi. Oleh karena itu, Tagar telah merangkum beberapa manfaat dari perdagangan internasional pada Senin, 6 Desember 2021 di bawah ini.


1. Menaikan devisa negara

Melalui pertukaran perdagangan dengan cara mengimpor maupun mengekspor barang yang ada di dalam ke luar negeri dan begitu pula sebaliknya dapat menaikkan devisa suatu negara. Apabila devisa negara meningkat, maka ekonomi negara pun berjalan dengan baik dan memakmurkan negara tersebut.


2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi atau kenaikan produk nasional bruto (GDP) ini dihasilkan melalui faktor produksi milik warga negaranya yang tinggal di dalam maupun luar negeri. 

Sehingga pertumbuhan ekonomi suatu negara juga bisa dibilang sukses jika salah satu produk dalam negeri sudah diperjual belikan dibanyak negara lain.


3. Eksistensi tenaga kerja

Eksistensi tenaga kerja merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kelancaran dari segala tindakan yang berhubungan dengan pengadaan barang maupun jasa. 

Seiring dengan banyaknya pesanan, perusahaan akan membutuhkan tenaga kerja tambahan agar dapat menyelesaikan pesanan permintaan konsumen. Dengan demikian, perusahaan akan membuka lapangan kerja baru dan mengurangi angka pengangguran di negara tersebut.


4. Memenuhi kebutuhan di negara lain

Kerjasama perdagangan internasional dapat membuat negara lain yang tidak memiliki barang maupun jasa yang diinginkan menjadi terpenuhi. 

Hal ini terjadi karena produk hasil alam di setiap negara berbeda, sehingga untuk memenuhi kebutuhan suatu negara, perlu dilakukannya perdagangan internasional dengan cara ekspor dan impor.

Perdagangan internasional dilakukan dan disetujui oleh kedua negara yang bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan yang ada di negara lain.


5. Mempengaruhi stabilitas harga barang ekspor

Pemerintah mempertahankan stabilitas harga ketika terjadi fenomena inflasi yang mulai meninggi. Inflasi sendiri merupakan peningkatan ketersediaan uang, sehingga dapat menyebabkan kenaikan harga barang.


6. Transfer teknologi

Manfaat perdagangan internasional adalah sebagai transfer teknologi. Perdagangan internasional juga dilakukan demi memperoleh keuntungan dalam hal teknologi modern yang tidak bisa atau belum diproduksi atau diperoleh dari dalam negeri, sehingga membutuhkan kerja sama dengan pihak luar.


7. Saling menguntungkan

Negara tidak akan mampu untuk memenuhi kebutuhan penduduknya apabila negara tersebut tidak melakukan kerja sama dengan negara lain dan hanya mengandalkan dana atau anggaran dari pungutan pajak saja. 

Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan penduduk, negara akan berusaha meraih keuntungan yang dapat diperoleh melalui persetujuan kerja sama perdagangan internasional antar negara.

(Fasya Aldiza Mutasyifa)

Berita terkait
Perdagangan Anjing untuk Bahan Baku Kuliner di Jawa Tengah
Polisi di Jawa Tengah (Jateng) menggagalkan pengiriman puluhan anjing yang akan menjadi bahan kuliner di sejumlah daerah
Perdagangan Senjata Ringan Perusak Perdamaian dan Keamanan
Perdagangan senjata ringan adalah “faktor penentu yang merusak perdamaian dan keamanan”, disampaikan oleh UNIDIR
Surplus Neraca Perdagangan Oktober 2021 Cetak Rekor Baru
Neraca perdagangan Indonesia kembali mencatatkan surplus pada Oktober 2021 sebesar 5,73 miliar dolar AS
0
Perdagangan Internasional Gencar Dilakukan! Ini Manfaatnya
Tagar telah merangkum beberapa manfaat dari perdagangan internasional pada Senin, 6 Desember 2021 di bawah ini yang wajib kamu ketahui.