UNTUK INDONESIA
Perayaan HUT Indonesia Dilaksanakan Secara Virtual
Panitia penyelenggara HUT ke-75 bersepakat untuk melakukan acara dengan lebih banyak dilakukan secara daring (online).
ilustrasi nuansa merah putih dalam rangka menyambut HUT RI. Masyarakat Bantaeng diminta untuk mengibarkan Sang Merah Putih selama Agustus (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Jakarta - Jelang peringatan Kemerdekaan Indonesia, pihak Istana menyiapkan rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia. Perayaan tahunan ini memang selalu dinantikan oleh seluruh bangsa Indonesia, tak terkecuali tahun ini di usia ke-75 tahun.

Pihak Istana menyampaikan, perayaan Kemerdekaan Indonesia selalu disiapkan secara matang. Disampaikan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama bahwa pandemi Covid-19 membuat panitia mengubah rencana peringatan HUT ke-75 kemerdekaan RI.

Tapi kemudian malang tidak dapat kita tolak, sehingga kita harus mengganti rencana itu dengan rencana lain yang kita sesuaikan dengan suasana saat ini

Menurut Setya, jauh sebelum pandemi Covid-19, pemerintah telah menyiapkan kemeriahan pada ajang besar HUT ke-75 RI ini.

"Saya ingin menyampaikan bahwa sebetulnya jauh-jauh hari sebelum pandemi Covid-19 ini kita sudah menyiapkan sebuah acara besar di event besar 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia ini, lebih dari biasanya, dan juga kami akan mengadakan karnaval di minggu berikutnya setelah acara di Istana pada tanggal 17 yang akan dihadiri oleh puluhan negara-negara sahabat waktu itu," kata Setya Utama, dalam konferensi pers secara virtual, Kamis, 6 Agustus 2020.

Ia menuturkan, rencana harus diubah karena situasi pandemi Covid-19 yang tak memungkinkan dilaksanakan secara fisik.

"Tapi kemudian malang tidak dapat kita tolak, sehingga kita harus mengganti rencana itu dengan rencana lain yang kita sesuaikan dengan suasana saat ini, yaitu masih adanya pandemi Covid-19 ini," ucap dia.

Setya menambahkan, pihak panitia penyelenggara HUT ke-75 bersepakat untuk melakukan acara dengan lebih banyak dilakukan secara daring (online). Ia memastikan, upacara peringatan detik-detik proklamasi akan tetap dilakukan di Istana secara terbatas.

"Pertama akan tetap ada peringatan 17 Agustus di Istana yang diikuti oleh kementerian/lembaga dan juga daerah serta perwakilan Indonesia di luar negeri melalui online dan juga akan ada event-event kreatif. Untuk event-event kreatif ini nanti akan ada di media-media massa dan media-media online yang akan dipimpin oleh Pak Menpar," ucap Setya Utama.[]

Berita terkait
Hadiah Spesial Bisa Tebak Pakaian Jokowi Saat HUT RI
Pihak Istana siapkan hadiah spesial bagi peserta yang berhasil menebak busana Presiden Jokowi dan Ibu Negara saat HUT RI ke-75.
Jokowi: 8 Bandara Berpotensi Jadi Hub dan Super Hub
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan terdapat delapan bandar udara (bandara) internasional yang berpotensi menjadi hub dan super hub.
Ledakan Beirut, Jokowi Sambut Seruan PM Lebanon
Kontingan Garuda yang selamat dari ledakan Beirut turut memabantu Pemerintah Lebanon mengevakuasi korban. Jokowi menegaskan RI bersama Lebanon.
0
Cuti Bersama, Protokol Kesehatan di Bukittinggi Makin Ketat
Kota Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat akan berlakukan protokol kesehatan ketat di objek wisata.