Dua Nelayan Kulon Progo Selamat Diterjang Ombak Tinggi

Ombak tinggi sedang melanda perairan selatan Yogyakarta. Kapal nelayan rusak di Kulon Progo diterjang ombak tinggi. Dua nelayan selamat.
Evakuasi perahu nelayan yang terbalik (Foto Tagar/Dok Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo/Harun Susanto).

Kulon Progo - Masyarakat diimbau lebih waspada apabila melakukan aktivitas di sepanjang pantai Kulon Progo, Yogyakarta. Berdasarkan prakiraan BMKG, gelombang tinggi muncul di laut selatan Jawa pada tanggal 7-9 November. Atas fenomena ini, perlu kehati-hatian saat berada di sepanjang pantai di Kulon Progo.

"Dalam beberapa hari ini prediksi BMKG, gelombang laut ada peningkatan. Jadi harus hati-hati dan tetap waspada," ucap Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko, di Kulon Progo, Senin, 9 November 2020.

Baca Juga:

Aris menambahkan, gelombang tinggi tersebut sudah memakan korban. Kecelakaan laut terjadi di kawasan Pantai Trisik, di Kapanewon Galur, Minggu 8 November 2020. Satu perahu tekong dengan penumpang dua orang nelayan dihantam ombak besar sehingga harus terbalik.

Adapun peristiwa perahu terbalik tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Perahu tekong yang dinaiki Sukadi, usia 50 tahun warga Panjatan dan Soka, usia 55 tahun warga Galur yang akan mendarat ke pantai, tiba-tiba diterjang ombak besar dari belakang hingga akhirnya terbalik.

Dua nelayan berhasil selamat dengan berenang ke tepian.

Pada saat kejadian ombak di pantai selatan sedang meninggi, hingga 4 meter. Beruntung kedua nelayan selamat setelah menceburkan diri ke laut setelah perahu terbalik. "Dua nelayan berhasil selamat dengan berenang ke tepian," tutur Aris.

Baca Juga:

Aris menjelaskan, mengetahui peristiwa ini, pertolongan segera dilakukan oleh petugas SAR Trisik dibantu nelayan, warga sekitar dan personil TNI. Sementara untuk perahu yang terbalik dievakuasi dengan cara menarik dengan tali menuju ke tepian.

Akibat peristiwa ini, perahu tekong tersebut rusak pada mesin, jaring dan badan perahu. Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai Rp 30 juta. []

Berita terkait
Penjelasan BMKG Terkait Ombak Pasang di Sejumlah Pantai DIY
Sejumlah pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) malam mengalami gelombang pasang. BMKG mengklaim situasi tetap aman.
4 Wisatawan Terseret Ombak di Parangtritis Bantul
Empat dari tujuh wisatawan terseret ombak tinggi di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Saat ini tinggi ombak di pantai sekitat 3-4 meter.
BMKG DIY Minta Warga Tetap Waspada dengan Cuaca Ekstrem
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta minta masyarakat DIY untuk lebih waspada di tengah cuaca ekstrem.
0
Polemik Anggaran Rp 1,7 Kuadriliun, Prabowo Datangi DPR
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijadwalkan menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR terkait polemik anggaran Rp 1,7 Kuadriliun.