UNTUK INDONESIA
Penyebab dan Cara Mencegah Pori-pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah membesar sering dikeluhkan oleh wanita karena permasalahan ini bisa memperburuk penampilan. Berikut penyebab dan pencegahannya.
Ilustrasi Kulit Wajah Kering. (Foto: naturalfoodseries.com)

Jakarta - Pori-pori wajah membesar tentu sering dikeluhkan oleh wanita karena permasalahan kulit yang satu ini bisa memperburuk penampilan hingga akhirnya menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Menurut Dokter Estetika Yuce Yuanita, faktor genetika bisa menjadi salah satu penyebab pori-pori membesar. Bila seseorang memiliki faktor genetik yang pori-pori wajahnya besar, tentu mereka akan mudah terkena permasalahan kulit yang satu ini bila tidak menghindari faktor-faktor penyebabnya.

"Orang yang memiliki kulit berminyak atau orang yang memiliki produksi sebum yang lebih banyak akan lebih mudah memiliki pori-pori yang besar," ucap dr. Yuce melalui channel YouTube Ruang Dokter, seperti yang dikutip Tagar, Jumat, 28 Agustus 2020. 

Dia juga mengatakan terlalu sering menggunakan makeup juga bisa menjadi pemicu pori-pori menjadi besar. Ini karena pori-pori tersebut akan tersumbat oleh sebum atau minyak dan sel kulit mati.  

"Kebiasaan tidak membersihkan makeup juga akan memperparah hal tersebut. Bukan hanya saja membuat pori-pori menjadi besar, tetapi juga menimbulkan mudahnya terjadi komedo dan jerawat," kata dokter estetika dari Avoline Beauty House Bandung itu. 

Penyebab lainnya yang juga bisa membuat pori-pori menjadi membesar, yaitu paparan sinar ultraviolet. Apabila Anda tidak membiasakan diri menggunakan sunblock saat berada di luar rumah, tentu bisa menghambat pembentukan kolagen sehingga menjadikan pori-pori Anda menjadi mudah membesar. 

Kata dr. Yuce, penurunan elastisitas yang diakibatkan faktor usia dan konsumsi makanan berlemak secara berlebihan bisa membuat pori-pori Anda membesar. Selain itu, melakukan ekstraksi komedo dengan cara yang salah juga dapat menyebabkan pori-pori menjadi besar.

Jadi untuk mengatasi permasalah kulit wajah tersebut, Anda bisa mencegah produksi sebum berlebih dengan cara mengatur pola makan, menggunakan jenis perawatan yang sesuai jenis kulit, dan juga menggunakan sunblock

Cara kedua Anda juga disarankan untuk rajin membersihkan wajah dan makeup setelah melakukan aktivitas seharian. Kemudian, telitilah dalam menggunakan produk perawatan atau kosmetik. "Pilihlah produk-produk kosmetik yang bersifat non-comedogenic," ujar dr. Yuce.

Dokter Yuce juga menyarankan untuk melakukan eksfoliasi atau scrubbing kulit wajah minimal dua minggu sekali dengan jenis scrub yang tepat sesuai jenis kulit Anda. 

"Kita bisa menggunakan masker secara rutin sesuai dengan jenis kulit kita agar mencegah pori-pori kita membesar. Biasanya orang menggunakan masker yang berasal dari lumpur," tutur dia. 

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pori-pori menjadi besar yaitu dengan menjalankan perawatan rutin di klinik. Perawatan yang sangat dianjurkan seperti peeling atau melakukan tindakan laser. 

Bila Anda memiliki pori-pori wajah yang besar, dokter Yuce mengingatkan jangan melakukan perawatan sembarangan, apalagi menggunakan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit. 

"Pilihlah produk perawatan yang memiliki zat-zat seperti retinol, AHA (alpha hydroxy acid), atau BHA  (beta hydroxy acid)," kata dr. Yuce. []

Baca juga:

Berita terkait
Penyebab Sabun Muka Bikin Semakin Berjerawat
Pemakaian sabun muka yang terlalu sering bisa merusak skin barrier sehingga membuat wajah semakin berjerawat. Berikut penjelasan dr. Valentino.
Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Jerawat di Hidung
Jerawat di hidung nyatanya dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Berikut penyebab dan cara ampuh mengatasinya.
Manfaat Air Garam untuk Mengatasi Jerawat
Air garam ternyata menjadi bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu. Berikut penjelasannya.
0
Tiga Warga Purworejo Edarkan Pil Koplo di Kulon Progo
Polres Kulon Progo menangkap empat orang setelah mengedarkan pil koplo. Tiga di antaranya warga Purworejo, Jawa Tengah.