UNTUK INDONESIA
Penyebab dan Cara Mencegah Kesurupan
Kesurupan sering kali dialami masyarakat Indonesia. Belum lama ini terjadi selama dua hari berturut-turut di SMK dan SMP di Sumut.
Ilustrasi orang yang kesurupan. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Kesurupan sering kali dialami masyarakat Indonesia. Belum lama ini terjadi selama dua hari berturut-turut di SMK dan SMP Swasta Arina. Lantaran kesurupan massal itu, sekolah di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut) tersebut diliburkan.

Peristiwa itu kemudian menjadi perbincangan hingga viral di Sumut. Meski zaman telah modern, hal-hal berbau mistik memang acap kali menjadi pembahasan. Pun ada juga yang mengangkat kejadian gaib itu menjadi film bergenre horor.

Menurut Kebudayaan

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengakui adanya roh dan alam gaib. Sejumlah budaya dan kepercayaan juga menyakini peristiwa kesurupan telah diwariskan secara turun-temurun.

Menurut kepercayaan, kesurupan merupakan tanda bahwa di sekitar manusia ada alam lain yang berinteraksi dengan mahluk hidup. Maka dari itu kesurupan muncul.

Lantas, apakah benar dunia gaib itu ada, atau hanya sebagai bentuk argumentasi keyakinan manusia semata, karena mewarisi kepercayaan di masa lampau?

Penyebab Kesurupan

Menurut penelitian khusus di bidang spiritual, sebanyak 30 % populasi yang ada di dunia pernah mengalami kesurupan. Mayoritas yang mengalami kesurupan kehilangan kesadaran "asli" seutuhnya.

Seseorang diyakini sangat mudah mengalami kesurupan karena memiliki iman yang lemah dan kerap mengalami pikiran kosong. Selain itu, orang yang sering termenung sendirian karena memiliki beban yang disimpan dalam hati, pun mudah mengalami kesurupan.

Selanjutnya, seseorang pendiam, sering murung sendiri, tatapan matanya sering sayup atau kosong, dan tertutup juga sangat gampang terkena hal mistik yang dapat menyebabkan kesurupan.

Di sisi lain, makhluk halus juga biasanya senang pada manusia yang mudah putus asa atau depresi, pikiran sering kosong, serta jarang mendekatkan diri kepada Tuhan.

Mencegah Kesurupan

Jangan pernah biarkan diri Anda dalam keadaan kosong atau melamun. Hindari tempat-tempat angker yang berpotensi mudah mendapat serangan dari makhluk halus.

Mendekatkan diri dan selalu berdoa kepada Tuhan agar Anda mendapatkan perlindungan di mana pun berada.

Mengatasi Kesurupan

Pijat menjadi salah satu alternatif menghilangkan kesurupan. Caranya dengan memijat bagian telapak tangan dan jempol kaki agar orang yang mengalami kesurupan tersadarkan diri, hingga siuman.

Mengoleskan minyak kayu putih ke hidung juga mampu mengatasi kesurupan. Namun, dibarengi dengan doa menurut kepercayaan masing-masing.

Baca juga: 


Berita terkait
Horor KKN Desa Penari, Ini Cerita Utuhnya
Cerita KKN Desa Penari itu viral setelah penulis dengan akun Twitter @SimpleM81378523 membuat beberapa serialnya sejak 24 Juni hingga 25 Juli 2019.
Dua Hari Kesurupan Massal, Siswa di Dairi Diliburkan
Terjadi kesurupan massal di SMK dan SMP swasta di Kabupaten Dairi. Sekolah memutuskan siswa libur dua hari.
Annabelle Comes Home dan Film-Film Horor Tentang Boneka
Annabelle Comes Home, film horor supranatural tayang perdana di Indonesia, Rabu, 26 Juni 2019. Film ini bagian ke-3 Annabelle
0
Warga Sampang Protes Perusahaan Beton Cor Tak Berizin
Masyarakat Kabupaten Sampang diresahkan dengan aktivitas perusahaan batching plant atau pengolah beton cor.