UNTUK INDONESIA
Annabelle Comes Home dan Film-Film Horor Tentang Boneka
Annabelle Comes Home, film horor supranatural tayang perdana di Indonesia, Rabu, 26 Juni 2019. Film ini bagian ke-3 Annabelle
Film Annabelle Comes Home 2019. (Sumber: YouTube)

Jakarta - Annabelle Comes Home, sebuah film horor supranatural produksi New Line Cinema dan Warner Bros tayang perdana di bioskop Indonesia, Rabu, 26 Juni 2019. Film ini merupakan bagian ketiga Annabelle dan seri keenam The Conjuring Universe, yang ditulis dan disutradarai oleh Gary Dauberman.

Dalam Annabelle Comes Homes, boneka Annabelle disegel oleh pasangan suami istri Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) dalam sebuah lemari kaca di ruang bawah tanah. Disana juga ada benda-benda artefak.

Namun, teman Judy (McKenna Grace), putri Warren, malah membuka ruangan bawah tanah. Sang teman penasaran dengan benda-benda milik orangtua Judy.

Ketika masuk, ia menyentuh benda-benda di sana. Saat melihat boneka Annabelle di dalam lemari kaca, dia bertanya "What'd you do to get in there?" (Apa yang telah kamu lakukan sampai bisa disimpan disana?)

Teror roh-roh jahat pun kembali muncul. Kali ini tidak hanya pada keluarga Warren, tapi juga teman Judy. Dia membangkitkan roh-roh jahat disekitarnya.

Film Annabelle I sebelumnya masuk dalam peringkat kedua film horor dengan boneka versi Internet Movie Database (IMDb).

Film-Film Horor Boneka

Film Annabelle bukan satu-satunya film horror dengan boneka (yang menebar teror). Berikut ini Tagar mengumpulkan dari berbagai sumber beberapa film horror bertema serupa, yaitu

1. Dead Silence (2007)

Dead Silence disutradara James Wan, yang menceritakan tentang kematian Lisa tragis di rumahnya.

Film Dead SilenceFilm Dead Silence 2007. (Foto: Amino)
Dia tewas setelah menerima paket berisi boneka yang ventriloquist yang bernama Billy. Paket itu dikirim oleh seseorang bernama Mary Shaw (Joan Heney). Untuk mengungkap kematian istrinya, suami Lisa harus kembali ke kampung halamannya di Ravens Fair.

2. Child's Play (1988)

Child's Play merupakan film pertama dari sekuel boneka Chucky yang disutradara Tom Holland. Film ini menceritakan tentang kematian Charles Lee Ray (alias Chucky) yang ditembak oleh detektif Mike Norris (Chris Sarandon).

Child's PlayFilm Child's Play 1988. (Foto: IMDb)
Charles kabur dari kejaran Mike ke toko mainan. Tak ingin kehilangan jiwanya dengan sia-sia, Charles melakukan ritual voodoo untuk memindahkan jiwanya kedalam boneka Good Guy yang tengah trend kala itu.

Boneka yang berisi roh Charles itu pun sampai ke tangan seorang anak laki-laki 6 tahun, Andy Barclay, setelah dibelikan oleh ibunya. Dalam bentuk boneka, Charles mengenalkan diri pada Andy sebagai Chucky.

Dari sanalah Chucky perlahan-lahan mulai beraksi, dari mulai membunuh teman sebaya Andy dan merembet ke pembunuhan-pembunuhan lainnya.

Film ini lumayan sukses hingga membuahkan film selanjutnya, Child’s Play 2 (1990), Child’s Play 3 (1991), berubah judul pada 1998 menjadi Bride of Chucky, Seed of Chucky pada 2004, dan Curse of Chucky pada 2013.

3. The Boy (2016)

The Boy mampu meraup 64,2 juta USD. Film ini menceritakan seorang gadis asal Amerika bernama Greta (Lauren Cohan) yang mendapat pekerjaan untuk menjadi pengasuh anak-anak laki-laki berusia delapan tahun di Inggris.

The BoyFilm The Boy 2016. (Foto: YouTube)
Greta pun pergi ke Inggris menemui keluarga Heelshire yang tinggal jauh dari pusat kota. Namun, ketika sampai di rumah keluarga itu, yang mesti diasuhnya adalah boneka keramik bernama Brahms. Brahms diperlakukan layaknya manusia oleh keluarga Heelshire karena menyimpan kenangan putra mereka yang telah meninggal 20 tahun lalu.

Greta awalnya menjalankan tugas sebagai pengasuh tanpa kendala. Namun, kejadian yang aneh terus menimpanya kala keluarga Heelshire pergi berlibur. Boneka Brahms terus menunjukan hal-hal aneh.

4. Sabrina (2018)

Indonesia pun turut merilis film horor dengan boneka berjudul Sabrina. Film ini menceritakan teror yang menghantui pasangan suami istri Maira (Luna Maya) dan Aiden (Christian Sugiono), serta anak angkat sekaligus keponakan mereka, Vanya.

Film SabrinaFilm Sabrina 2018. (Foto: YouTube)

Mulanya, tidak ada masalah ketika Aiden membuat boneka Sabrina. Itu merupakan boneka kesukaan Kayla, anak perempuan Maira yang telah meninggal. Namun, kejadian aneh terjadi pada boneka Sabrina, sejak Vanya bermain "Pensil Charlie" untuk memanggil ibunya Andini yang telah meninggal.

Film ini ditulis oleh Riheam Junianti dan Fajar Umbara, dengan sutradara Rocky Soraya. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Erick Thohir Orang Kelima Tiba di Istana Kepresidenan
Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir, tiba di Istana Kepresidenan, sekitar pukul 11.14 WIB, Senin, 21 Oktober 2019.