UNTUK INDONESIA
Penyebab dan Cara Mencegah Bibir Pecah-pecah
Bibir kering dan pecah-pecah bisa disebabkan berbagai macam faktor, berikut Tagar ulas beberapa kebiasaan yang menimbulkan kondisi menyebalkan ini.
Ilustrasi - bibir merah merona (Foto: www.lucereskin.com)

Jakarta - Bibir kering dan pecah-pecah bisa disebabkan berbagai macam faktor. Pengobatannya terbilang mudah, cukup dengan pengobatan sederhana. Namun, ada beberapa orang terkena akibat infeksi cheilitis yang ditandai kulit pecah-pecah di sekitar sudut bibir.

Bibir pecah-pecah merupakan kondisi yang umum terjadi, segala usia dan jenis kelamin bisa mengalami kondisi ini, terutama jika memiliki jenis kulit kering.

Mengutip dari hellosehat, bibir memiliki lapisan kulit yang sangat tipis dan transparan, disebut stratum korneum. Warna kemerahan dari bibir berasal dari konsentrasi dan kedekatan jarak antara lapisan kulit dengan permukaan pembuluh darah di bawahnya, memungkinkan warna bisa terlihat dengan jelas.

Selain itu, bibir tidak memiliki kelenjar minyak, berbeda dengan kulit wajah. Hal ini menyebabkan bibir menjadi lebih mudah kering dan retak. Kurangnya kelembapan salah satu penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah, baik dari segi cuaca maupun kurangnya perawatan diri.

Berikut Tagar rangkumkan dari healthline, kebiasaan yang membuat bibir kering dan pecah-pecah.

1. Dehidrasi

Dehidrasi dapat mengacaukan keseimbangan mineral alami dalam tubuh, tidak hanya merusak organ dalam tubuh, namun akan berdampak negatif pada kulit.

Gejala dari dehidrasi, yaitu pusing, sembelit, penurunan produksi urin, mulut dan bibir kering, dan sakit kepala. Pada kasus yang parah, bisa menyebabkan tekanan darah rendah, demam, napas ngos-ngosan, atau jantung berdebar.

Untuk menghindari dehidrasi, selalu minum 8-12 gelas air setiap hari. Jika penderita diabetes, dianjurkan minum lebih banyak cairan.

2. Menjilat Bibir

Menjilat bibir bisa memberikan kelembapan sementara, namun air liur yang berpindah dari mulut ke bibir akan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan melucuti kelembapan alami.

Air liur mengandung enzim yang berfunsi untuk membantu mencerna makanan, bukan sebagai penyedia kelembapan tambahan bagi bibir. Setelah terkena kontak dengan udara luar, air liur akan membuat bibir kembali kering dan mengelupas. 

Solusinya, hentikan kebiasaan menjilat bibir saat merasa bibir mulai mengering. Bisa mengaplikasikan lipbalm yang memiliki rasa atau mengandung obat-obatan.

Alternatif lain, bisa oleskan gel lidah buaya pada area bibir. Lidah buaya mengandung penyembuh yang akan memperbaiki struktur kulit bibir yang kering, rasa pahitnya akan menjauhkan dari kebiasaan menjilati bibir.

3. Minum Banyak Alkohol

Alkohol menjadi salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Konsumsi berlebihan dapat mengganggu jalannya proses penyerapan vitamin dalam tubuh dan asupan vitamin tidak terpenuhi. Selain itu, alkohol bisa menyebabkan dehidrasi. 

Untuk menyiasatinya, minum satu-dua gelas air saat bangun pagi setelah minum alkohol pada malam hari, dan selalu cukupi asupan cairan sepanjang hari.

4. Makanan Asin atau Pedas

Jika termasuk orang yang mudah mengalami bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan asin. Garam yang terkandung bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Sama halnya dengan makanan pedas.

Solusi mengatasinya dengan memperbanyak buah dan sayur yang bisa mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

5. Ekspos Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah, bahkan ketika cuaca berawan dan mendung.

Oleskan lipbalm yang mengandung minimal SPF15 setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan. Pilih yang mengandung titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone (butylmethoxydibenzoylmethane) sebagai properti pelindung UVA.

Kandungan lipbalm membantu melembapkan bibir, sementara properti pelindung sinar matahari yang terdapat di dalamnya akan meminimalisir efek pengeringan bibir.

6. Konsumsi Obat-obatan

Beberapa obat-obatan bisa meningkatkan risiko bibir pecah, seperti.

  • Suplemen vitamin A
  • Retinoid (Retin-A, Differin)
  • Lithium, obat-obatan gangguan bipolar
  • Obat-obatan kemoterapi
  • Obat anti-jerawat isotretinoin, atau Accutane
Berita terkait
Tips Merawat Bibir Agar Terlihat Menggoda
Ingin merawat bibir secara alami sangatlah mudah. Berikut tips sederhana merawat bibir agar terlihat menggoda dan memukau.
Tips Merawat Bibir Agar Tetap Merah Merona
Menggunakan lipstik berbagai warna menjadi salah satu cara yang dilakukan kaum hawa untuk membuat bibir tampak sempurna.
Pesona Bibir Tampil Menggoda dengan Lip Stain
Tindakan lip stain banyak diaplikasikan oleh artis Korea sehingga bibir mereka tampak berwarna sepanjang hari.
0
Polisi Patroli Udara Pantau Pelayaran Ilegal di Aceh
Kepolisian Daerah (Polda) Aceh kembali melaksanakan patroli udara dan darat guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.