UNTUK INDONESIA

Penutupan Kantor Disdukcapil Kulon Progo Diperpanjang

Penutupan Kantor Disdukcapil Kulon Progo diperpanjang dua hari. Penyebabnya kasus penyakit pagebluk melonjak.
Ilsutrasi Penutupan Perkantoran. (Foto: Pixabay)

Kulon Progo - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kulon Progo memperpanjang masa penutupan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Semula, penutupan hanya akan dilakukan hingga Rabu 18 November 2020, namun kemudian ditambah menjadi Jumat 20 November 2020. Perpanjangan penutupan ini sebagai sikap dari melonjaknya kasus positif corona di perkantoran.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati mengatakan, klaster terbesar dengan kasus terbanyak di Bumi Binangun saat ini adalah klaster perkantoran yang berawal dari kasus positif di Disdukcapil kemudian merembet ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Baning menjelaskan, pada Selasa 17 November, tercatat ada penambahan sebanyak 36 kasus positif Covid-19. Dari jumlah itu, 25 kasus adalah hasil tracing dua kasus sebelumnya yang merupakan pegawai Dindukcapil, yaitu KP-274 dan KP-277.

Kami melakukan disinfeksi ulang di kantor terkait. Kontak erat dan telah menjalani tes swab, diminta Work From Home (WFH) hingga hasil keluar hasilnya.

Dua puluh lima kasus baru ini terdiri dari 19 orang pegawai Dindukcapil, satu orang pegawai Diskominfo, serta lima lainnya dari keluarga. Adapun pegawai Dindukcapil dan Diskominfo tersebut, yaitu ASN dan Tenaga Harian Lepas (THL) yang telah menjalani isolasi untuk mencegah penularan, yakni di RSUD Wates, RSUD NAS dan di rumahnya.

"25 kasus positif tersebut yaitu hasil tes swab pada Sabtu 14 November 2020 pada 21 orang dan pada Minggu 15 November 2020 pada 31 orang. Selain itu juga dilakukan tes swab bagi enam orang pada Senin 16 November dan 72 orang pada Selasa 17 November," ucap Baning di Kulon Progo, Selasa, 17 November 2020.

Baca Juga:

Baning menuturkan, pihaknya masih terus menelusuri kontak erat kasus positif yang ditemukan, dengan tetap berfokus di perkantoran. Sementara untuk penelusuran keluarga, akan ditangani puskesmas setempat "Kami melakukan disinfeksi ulang di kantor terkait. Kontak erat dan telah menjalani tes swab, diminta Work From Home (WFH) hingga hasil keluar hasilnya," tegasnya.

Ditanya terkait kemungkinan penutupan Kantor Diskominfo, Baning menuturkan, pihaknya akan melihat dulu. Jika ada penularan maka akan dilakukan penutupan sementara. []

Berita terkait
Kata Bupati dan Wabup soal Penutupan Disdukcapil Kulon Progo
Kantor Disdukcapil Kulon Progo tutup selama tiga hari, Senin-Rabu, 16-18 November 2020. Berikut komentar bupati dan wabup soal penutupan ini.
Penutupan KUA Danurejan Yogyakarta Diperpanjang
Penutupan KUA Danurejan Kota Yogyakarta diperpanjang setelah kondisinya belum reda. Di kantor tersebut lima pegawai terpapar corona.
Masih Pagebluk Aktivitas Warga Kota Yogyakarta Sudah Normal
Aktivitas warga Kota Yogyakarta sudah normal meski masih pagebluk. Tak ada larangan beraktvitas selama menjalankan protokol kesehatan.
0
Penutupan Kantor Disdukcapil Kulon Progo Diperpanjang
Penutupan Kantor Disdukcapil Kulon Progo diperpanjang dua hari. Penyebabnya kasus penyakit pagebluk melonjak.