Penundaan Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 Dikesampingkan

Ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, Jepang, mengesampingkan pembatalan pesta olahraga musim panas di Tokyo
Jam hitung mundur Olimpiade Tokyo 2020 ditampilkan dengan 50 hari sebelum upacara pembukaan, di luar stasiun Tokyo di Tokyo, 3 Juni 2021 (Foto: voaindonesia.com - Kazuhiro NOGI/AFP)

Jakarta – Ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, Jepang, hari Kamis, 3 Juni 2021, mengesampingkan pembatalan pesta olahraga musim panas di Tokyo itu di tengah-tengah keraguan para pejabat medis dan olahraga.

Seiko Hashimoto mengukuhkan dalam wawancara yang diterbitkan Nikkan Sports bahwa Olimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung sesuai rencana. Ia dikutip mengatakan, “Kami tidak dapat menundanya lagi.”

Meskipun demikian, akan ada berbagai pembatasan diberlakukan. Para atlet akan dites secara rutin dan para penonton asing dilarang menghadiri pertandingan. Belum diputuskan apakah penonton Jepang akan diizinkan mendatangi arena pertandingan.

Cincin OlimpiadeCincin Olimpiade terlihat di tepi pantai Odaiba di Tokyo, 3 Juni 2021. (Foto: voaindonesia.com - Kazuhiro NOGI/AFP)

Berbagai jajak pendapat di Jepang secara konsisten menunjukkan bahwa mayoritas responden menginginkan Olimpiade itu dibatalkan atau, ditunda untuk kedua kalinya.

Jepang sedang berjuang mengatasi gelombang infeksi keempat, hanya dua bulan sebelum pesta olahraga itu dijadwalkan dibuka. Sepuluh kawasan termasuk Tokyo berada dalam keadaan darurat hingga menjelang akhir bulan ini.

Seorang pengunjuk rasa antiolimpiadeSeorang pengunjuk rasa antiolimpiade berdemo di depan monumen cincin Olimpiade, di Tokyo 2020, 18 Mei 2021 (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

Peluncuran vaksinasi di Jepang berlangsung lambat, dengan hanya sekitar tiga persen populasi yang telah diimunisasi.

Laporan situs independen, worldometer, menunjukkan sampai tanggal 1 Juni 2021 jumlah kasus Covid-19 di Jepang mencapai 746.488 dengan 13.049 kematian.

Surat kabar Asahi Shimbun Kamis juga melaporkan bahwa PM Yoshihide Suga kemungkinan besar akan mengadakan pemilu dini setelah Olimpiade, menunjukkan tekadnya untuk melanjutkan rencana kegiatan tersebut (uh/ab)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Atlet Olimpiade Tokyo 2020 Tidak Akan Tuntut Penyelenggara
Atlet Olimpiade Tokyo 2020 teken surat pernyataan yang bebaskan penyelenggara dari tuntutan hukum terkait dengan pandemi Covid-19
Olimpiade Tokyo 2020 Akan Tetap Berlangsung Juli 2021
Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang akan berlangsung, terlepas dari apakah negara itu dalam keadaan darurat pada bulan Juli 2021
Warga Jepang Ajukan Petisi Online Protes Olimpiade Tokyo
Sebuah petisi online yang menyerukan agar Olimpiade Tokyo dibatalkan telah diserahkan kepada pemerintah Tokyo, Jepang
0
Penundaan Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 Dikesampingkan
Ketua panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020, Jepang, mengesampingkan pembatalan pesta olahraga musim panas di Tokyo