Penumpang Kereta Libur Natal dan Tahun Baru Wajib Rapid Test

KAI meminta penumpang kereta api libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 rapid test selambatnya H-1 tanggal keberangkatan.
Kereta api jarak jauh. (Foto: dok KAI)

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan perjalanan kereta api jarak jauh untuk periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 menerapkan protokol kesehatan ketat. Penumpang tetap diminta melakukan rapid test selambatnya H-1 tanggal keberangkatan.

"Masyarakat diimbau untuk melakukan rapid test setidaknya H-1 tanggal keberangkatan," kata VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus melalui pernyataan tertulisnya yang diterima Tagar, Selasa, 24 November 2020.

Rapid test diimbau dilakukan H-1 karena ketika dilaksanakan pada hari keberangkatan, penumpang kemungkinan besar akan terburu-buru karena diharuskan mengantre terlebih dahulu. Bahkan, dikhawatirkan terlambat atau tertinggal oleh kereta yang sudah dipesan.

Kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Kereta ApiSituasi perjalanan kereta api jarak jauh di saat pandemi virus corona. (Foto: dok KAI)

Joni menuturkan, KAI menyediakan layanan rapid test seharga Rp 85.000 di 31 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Cirebon, Cirebon Prujakan, Semarang Tawang, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Blitar.

Selanjutnya Stasiun Kediri, Kertosono, Jombang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Jember, Ketapang, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, dan Lubuk Linggau.

Ia mengatakan, penyediaan layanan rapid test di stasiun bertujuan untuk memudahkan pelanggan sehingga tidak perlu mencari tempat rapid test di luar. Menurut Joni, sejak dibuka pada 27 Juli 2020, jumlah pelanggan yang menggunakan layanan layakan rapid test di stasiun hingga 22 November 2020 sudah mencapai 337.851 penumpang.

Dalam kesempatan yang sama, Joni juga mengumumkan tiket kereta api jarak jauh untuk periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sudah dapat dipesan. Pemesanan tiket bisa melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, maupun kanal penjualan resmi yang lain.

"Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2020, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin," ujar Joni.

Tiket yang sudah dapat dipesan, di antaranya KA Taksaka tujuan Yogyakarta-Gambir, KA Gajayana tujuan Malang-Gambir, dan KA Senja Utama Solo tujuan Solo Balapan-Pasar Senen. Selanjutnya KA Argo Parahyangan tujuan Bandung-Gambir, dan KA Mutiara Selatan tujuan Surabaya Gubeng-Bandung.

Berita terkait
3 Tempat Wisata di Cirebon, Hotspot Pemudik Jalur Pantura
Bila tujuan utama Anda melewati jalur Pantura, silakan mampir ke Kota Cirebon yang menawarkan sejumlah hotspot wisata patut dicoba.
Datang ke 5 Objek Wisata Air di Sulawesi Selatan Ini Auto Takjub
Sulawesi Selatan memiliki pesona alam indah terutama objek wisata airnya. Datang ke sana auto takjub deh!
5 Tempat Wisata Hits di Surabaya, Ada Resto di Kapal Pesiar
Selain mall dan monumen militer, Surabaya menyimpan banyak destinasi wisata yang tak kalah hits lho.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah