Penumpang Bergairah, Agustus KAI Tambah 7 Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan tujuh kereta api jarak jauh dan lokal di akhir pekan dan tanggal tertentu pada Agustus.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjalankan protokol kesehatan pelanggan di kereta. (Foto: Instagram/@keretaapikita/@evachairunisa)

Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan tujuh kereta api (KA) jarak jauh dan lokal di akhir pekan dan tanggal tertentu pada Agustus. Salah satu alasan kenapa KAI menambah kereta, karena melihat antusiasme penumpang naik kereta api yang naik 60 persen pada Juli lalu.

“Kereta Api tersebut kami jalankan kembali setelah melihat minat masyarakat yang terus tumbuh untuk menggunakan transportasi kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers KAI, kemarin.

Adapun tujuh KA jarak jauh yang kembali beroperasi adalah KA Harina (Bandung – Surabaya Pasar Turi pp), Senja Utama Solo (Solo Balapan – Pasar Senen), Mataram (Pasar Senen – Solo Balapan), Matarmaja (Pasar Senen – Malang pp), Pasundan (Bandung Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp), Wijayakusuma (Cilacap – Ketapang pp), dan Sawunggalih (Pasar Senen – Kutoarjo pp).

Berdasarkan catatan pihaknya, sampai 2 Agustus 2020 terjadi kenaikan rata-rata jumlah perjalanan KA per hari sebesar 14 persen, yaitu sebanyak 178 KA perhari. Sedangkan jumlah perjalanan KA per hari pada Juli sebanyak 155 KA per hari.

“Penambahan kereta api di bulan Agustus ini kami harap dapat meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” tuturnya.

Sebenarnya, pada Juli pelayanan KAI meningkat sebesar 60 persen dari Juni, yaitu melayani 1.122.357 pelanggan. Sementara volume pelanggan pada Juni 699.309 pelanggan.

Dari 1.122.357 pelanggan Juli terdiri dari pelanggan KA jarak jauh sebanyak 215.796 pelanggan, naik 224 persen dibanding Juni sebanyak 66.687. Lalu, pelanggan dan volume pelanggan KA lokal pada Juli sebanyak 906.561 pelanggan, naik 43 persen dibanding Juni sebanyak 632.622 pelanggan.

Kereta ApiKereta Api Bengawan. (Foto: Instagram/@keretaapikita/@s_harjanto)

Kenaikan volume pelanggan, kata Joni menunjukkan kepercayaan masyarakat terus tumbuh terhadap layanan KAI yang dapat diandalkan di tengah pandemi.

Selain itu, dipengaruhi faktor, seperti diskon tiket, undian berhadiah, libur hari raya IdulAdha, penambahan jadwal perjalanan secara bertahap, dan hadirnya layanan rapid test Covid-19 dengan harga terjangkau.

Terbukti sampai dengan 2 Agustus, terdapat 7.340 calon pelanggan yang menggunakan layanan rapid test di 12 stasiun atau rata-rata 1.048 peserta setiap harinya.

Meski terjadi peningkatan perjalanan kereta api, KAI tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api dengan aman, selamat, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan.

Pelanggan yang naik kereta api diharuskan memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

Khusus untuk pelanggan KA jarak jauh diminta untuk menunjukkan surat bebas Covid-19 (tes PCR/rapid test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan/ataurapid test mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

Bagi pelanggan dewasa, face shield akan disediakan KAI. Sedangkan pelanggan dengan usia dibawah 3 tahun (infant) agar membawa face shield pribadi. Serta mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler.

Tiket dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya. Sedangkan loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perjalanan KA di bulan Agustus, masyarakat dapat menghubungi contact center KAI melalui telepon di 021-121, email [email protected], dan sosial media KAI 121. []

Berita terkait
KAI Diskon Tiket Kereta Api 25 Persen, Cek Rutenya
Strategi pemotongan harga tiket menjadi andalan PT Kereta Api Indonesia untuk menggenjot tingkat okupansi transportasi massal ini
Idul Adha, KAI Berikan Diskon Tiket Kereta Api
PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan serangkaian inovasi guna memacu kembali minat masyarakat untuk menggunakan moda transporasi massal ini
SIKM Ditiadakan, Naik Kereta Api ke DKI Lebih Mudah
VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (persero) Joni Martinus mengatakan masyarakat lebih mudah naik kereta api jarak jauh tanpa SIKM.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.