UNTUK INDONESIA
Penjelasan Epidemologi, Kantor Rentan Penularan Covid
Ini penjelasan pakar epidemologi terkait kantor yang rentang menjadi penyebaran virus Covid-19.
Waspada penyebaran Covid-19 di kantor. (Foto: Tagar/Ilustrasi Aan Febriansyah)

Makassar - Pakar epidemologi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Prof. Ridwan Aminuddin menyebut kantor rentan menjadi penyebaran virus Corona, sebab sebagian besar kantor berada di ruangan yang tertutup sehingga virus lebih awet dan mudah bertransmisi antar orang.

"Pada umumnya kantor-kantor difasilitasi dengan ruangan pendingin dimana ruangan yang bersuhu rendah membuat virus bisa lebih awet daripada ruangan yang suhunya lebih tinggi," kata Ridwan dalam keterangannya, Senin, 20 Juli 2020.

Menurutnya, sirkulasi udara di kantor hanya akan berputar di dalam ruangan saja sebab minimnya atau bahkan tidak adanya ventilator udara yang tersedia.

Pada umumnya kantor-kantor difasilitasi dengan ruangan pendingin dimana ruangan yang bersuhu rendah membuat virus bisa lebih awet .

Tentu hal ini akan menjadi rentan terjadinya penyebaran virus ditambah lagi jika protokol kesehatan tidak dijalankan dengan baik.

"Untuk meminimalisir terjadinya penularan yang tinggi di kantor, perlu diatur kembali jumlah karyawan bertugas dalam satu ruangan. Sebaiknya mengurangi 50 persen dari kapasitas biasanya karena kita tahu penularan covid-19 tidak hanya terjadi dari orang ke orang," ujar Ridwan.

Ia menjelaskan, ada sesuatu yang masih di luar kendali dan belum dapat di kontrol dengan protokil kesehatan yang sudah berjalan saat ini. Olehnya itu, Ia menyebut penting bagi instansi dan elemen masyarakat melakukan perubahan terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) perusahaan guna menjaga penularan virus.

"Pakai masker, menerapkan physical distancing harus menjadi syarat utama dalam melaksanakan aktivitas harian," jelasnya.

Ridwan mengimbau untuk pentingnya waspada jika melakukan interaksi dengan teman sekantor. Dan saat melakukan komunikasi memastikan masker terpasang dengan baik, serta menghindari makan bersama. []

Berita terkait
Kapten Kapal Asal Makassar Ditemukan Tewas di Padang
Polsek Kawasan Pelabuhan Teluk Bayur menduga kapten kapal meninggal karena penyakit jantung. Evakuasi jasad dilakukan SOP Covid-19.
Aksi Freestyle di Jalan Raya Ditangkap Polisi Makassar
Aksi ugal-ugalan dan freestyle sekelompok remaja yang mengendarai sepeda motor di Kota Makassar ditangkap polisi.
Komunitas Sepeda Makassar Galang Donasi untuk Lutra
Komunitas sepeda Epic Makassar galang donasi untuk korban bencana banjir di Kabupaten Luwu Utara.
0
Penjelasan Epidemologi, Kantor Rentan Penularan Covid
Ini penjelasan pakar epidemologi terkait kantor yang rentang menjadi penyebaran virus Covid-19.