UNTUK INDONESIA
Pengamat: Satgas Covid-19 Pusat Jangan Hanya Jadi Supervisi
Adib Miftahul menyinggung kinerja tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo.
Ilustrasi Virus Corona di Aceh. (Foto: Freepik)

Jakarta - Pengamat politik Nasional Adib Miftahul menyinggung kinerja tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo.

Adib meminta Doni selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tidak sekadar menjadikan formasi di kabupaten/kota, bahkan disetiap daerah sebagai 'supervisi' semata.

Jadi pusat itu jangan hanya jadi supervisi. Banyak kinerja gugus tugas di tingkat kabupaten/kota itu malah sudah berkurang sekali

Dia juga menyentil formasi satgas yang terlihat semakin melemah. Menurutnya, tim yang ada di daerah seperti kehilangan pendampingan, sehingga tidak terlihat lagi di tengah-tengah masyarakat.

"Jadi pusat itu jangan hanya jadi supervisi. Banyak kinerja gugus tugas di tingkat kabupaten/kota itu malah sudah berkurang sekali," kata Adib dihubungi Tagar, Jumat, 23 Oktober 2020.

Direktur Kajian Politik Nasional (KPN) ini menyarankan, agar gugus tugas di tingkat pusat dapat mendorong tim yang berada pada level pemerintahan daerah membuat langkah-langkah yang taktis dan simultan dalam penanganan Covid-19.

"Contoh misalnya mendorong setiap kepala daerah untuk membuat test Rapid/Swab secara massal. Dengan catatan ini juga harus gratis," ujarnya.

Untuk menopang itu, kata Adib, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) bisa menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi pelayanan krisis kesehatan di masa Covid-19 ini.

"Kalau ada masalah anggaran ya disampaikan saja. Karena gugus tugas adalah tim vital. Di sisi lain krisis kesehatan saat ini harus segera dihentikan," kata dia.

Selanjutnya, Adib menyebut, sinergi kewenangan dalam situasi pandemi harus sering dilakukan. Sebab, kata dia, jika penanganannya landai seperti sekarang ini, maka jangan heran kalau angka penyebaran virus corona semakin meningkat.

"Apalagi kebiasaan waspada Covid-19 di tingkat masyarakat juga agak menurun. Ditambah lagi dengan isu dari sana sini bahwa ini adalah konspirasi dan sebagainya," tutur Adib.[]

Berita terkait
Setop Liga Sepakbola, Satgas Juga Minta Warga Tak Keluar Rumah
Selain setop liga sepakbola tahun 2020, Satgas Covid-19 juga meminta supaya masyarakat tak keluar rumah dan berkerumunan.
Bantah Isu Covidkan Pasien, RSUD Kudus Percepat Uji Swab
RSUD Kudus punya terobosan mempercepat uji laboratorium hasil tes swab guna membantah isu sengaja covidkan pasien untuk dapat dana Covid-19.
BPK Audit Dana Covid-19 Rp 37 Miliar di Polda Jawa Tengah
BPK RI melakukan audit penggunaan dana Covid-19 yang dikelola Polda Jawa Tengah sebesar Rp 37 miliar.
0
Penyebab Sejumlah Daerah di Sumut Belum Terima Dana Desa
Kementerian Keuangan Perwakilan Sumatera Utara mengungkap penyaluran dana desa di daerah ini baru 80 persen.