UNTUK INDONESIA

Pengacara Pastikan Habib Rizieq Tak Akan Lari dari Hukum

Kuasa hukum memastikan Habib Rizieq tidak akan lari dari proses hukum yang tengah berjalan.
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu, 12 Desember 2020. Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Kuasa Hukum Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar memastikan kliennya tidak akan melarikan diri. Ia mengatakan bahwa Rizieq akan menghadapi seluruh proses hukum yang sedang berjalan.

"Tim kuasa hukum telah mendatangi Polda Metro Jaya meminta surat terkait sehubungan dengan penetapan tersangka beliau (HRS) apakah ada surat panggilan lagi. Akan tetapi tidak ada surat," ujarnya, Sabtu, 12 Desember 2020.

Jadi kita meluruskan berita jika dikatakan bahwa Habib Rizieq melarikan diri. Al Habib Rizieq tidak kooperatif.

Baca juga: Minta Surat Pemeriksaan di Polda, Pengacara Rizieq Tak Ditanggapi

Menurutnya, pihaknya berusaha untuk kooperatif dalam proses hukum yang tengah dihadapinya. Aziz juga membantah jika ada asumsi yang beredar bahwa Rizieq Shihab tidak taat terhadap hukum

"Kita akan mengajukan demi penegakkan hukum menunjukkan bahwa kita kooperatif dan juga taat hukum meskipun ada di sana-sini suara-suara sumbang terkait ketidakadilan," ujarnya lagi.

Dikatakannya, hari ini Sabtu, 12 Desember 2020 Rizieq akan mendatangi Polda Metro Jaya untuk diperiksa.

"Pihak Habib Rizieq berkomitmen untuk memenuhi keputusan hukum yang memang sudah terjadi dan untuk saat ini Habib Rizieq Shihab sedang menuju ke sini mungkin sebentar lagi akan tiba," tuturnya.

Aziz menegaskan pihaknya akan menghadirkan fakta-fakta hukum untuk disampaikan kepada polisi. Ia berjanji akan bekerja sama dengan aparat dalam menyelesaikan kasus ini.

"Jadi kita meluruskan berita jika dikatakan bahwa Habib Rizieq melarikan diri. Al Habib Rizieq tidak kooperatif sekali lagi fakta-fakta kata-kata yang sudah kita sampaikan terkait dengan semua perkembangan sampai detik ini," ucap dia.

Baca juga: Datangi Polda Metro, Rizieq Shihab: Awas Pihak Ketiga Provokator

Lebih lanjut, Aziz akan menjelaskan lebih rinci terkait pemeriksaan setelah Rizieq tiba di Polda Metro Jaya.

"Kita bisa lihat sama-sama bahwa kita saat kooperatif dan juga menjunjung tinggi penegakan hukum demikian singkatnya mungkin kita sedang menunggu Habib Rizieq datang kemudian kita akan langsung masuk demikian," ujarnya.

"Segala upaya sudah dipersiapkan dan sudah dipikirkan matang-matang oleh tim kuasa hukum," kata dia melanjutkan. 

Berita terkait
Kasus Rizieq Shihab, Simpatisan FPI Militan Manakala Ditekan
LIPI: Simpatisan Front Pembela Islam (FPI) akan memanas dan kian militan apabila Habib Muhammad Rizieq Shihab makin ditekan.
Rizieq Shihab Tersangka, FPI Harus Berlapang Dada
Pengamat politik dari LIPI Wasisto Raharjo Jati berpesan agar simpatisan FPI berlapang dada terkait penetapan Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka
Polisi Periksa 14 Saksi Terkait Tewasnya 6 Laskar FPI
Polisi telah memeriksa 14 saksi terkait kasus bentrokan yang menewaskan enam orang anggota Laskar Front Pembela Islam (FPI).
0
Pengacara Pastikan Habib Rizieq Tak Akan Lari dari Hukum
Kuasa hukum memastikan Habib Rizieq tidak akan lari dari proses hukum yang tengah berjalan.