Indonesia
Penderita TBC di Aceh Utara Mencapai 1.247 Kasus
Penderita TBC di Kabupaten Aceh Utara meningkat. Kebanyakan penderitanya adalah laki-laki.
Ilustrasi.(Foto: Pixabay)

Aceh Utara - Penderita penyakit Tuberculosis (TBC) di Kabupaten Aceh Utara dalam setiap tahunnya mengalami peningkatan, secara umum penderitanya adalah laki-laki akibat merokok.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Aceh Utara Achriani Fitri, Rabu 10 Juli 2019 mengatakan, pada tahun 2017 lalu penderita TBC sebanyak 460 pasien dan pada tahun 2018 mengalami peningkatan, yaitu sebanyak 1.247 pasien.

“Kalau kita lihat trennya, maka dalam setiap tahun kasus TBC ini mengalami kenaikan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena faktor merokok,” ujar Achriani Fitri.

Penyakit TBC sangat mudah menular. Dan secara umum menularnya melalui batuk. Gejala awalnya seperti batuk biasa,  sehingga enggan untuk berobat ke dokter. Namun kalau batuk sampai berdarah itu harus segera ke dokter.

Gejala utama dari penyakit TBC, terjadinya batuk berdahak selama dua minggu dan bisa lebih, serta di ikuti dengan gejala tambahan berupa dahak bercampur darah, sesak nafas, badan lemas dan berkeringat di malam hari.

“Kami terus berupaya menekan angka penderita TBC di Aceh Utara, serta harus mampu menjangkau sampai ke berbagai daerah dan apabila ada yang mengalami gejalanya, maka segera berobat,” tutur Achriani Fitri. []

Artikel lainnya

Berita terkait
0
Perjalanan Kepopuleran Ustad Abdul Somad
Menarik untuk mengetahui perjalanan Ustaz Abdul Somad (UAZ) hingga populer. Berikut perjalanan kepopuleran UAS.