UNTUK INDONESIA
Pendaki Yogyakarta Jatuh di Kawah Gunung Lawu
Alam, pendaki asal Yogyakarta jatuh di kawah Candrodimuko, Gunung Lawu. Tali yang digunakannya untuk turun putus.
Petugas SAR gabungan mengevakuasi pendaki Yogyakarta yang jatuh di kawah Condrodimuko, Gunung Lawu, Minggu, 19 Juli 2020. (Foto: Basarnas Semarang)

Semarang - Seorang pendaki terjatuh di kawah Condrodimuko, Gunung Lawu, Minggu pagi, 19 Juli 2020. Ia berhasil diselamatkan tim search and rescue (SAR) gabungan dari gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini. 

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Semarang Nur Yahya mengungkapkan korban diketahui bernama Alam, 31 tahun, warga Grabah, Yogyakarta. Ia mendaki Gunung Lawu bersama empat rekannya lewat jalur Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu, 18 Juli 2020. 

Empat rekannya berhasil turun namun Alam tiba-tiba terjatuh karena tali yang digunakan untuk turun terputus.

Mereka kemudian menuruni kawah Condrodimuko, di kawasan Pos 2 Lawu, keesokan paginya. Satu persatu para pendaki turun menggunakan tali. Hingga tiba saatnya Alam turun. Nahas, tali yang digunakan turun putus. 

"Minggu pagi hari jam 07.30 mereka hendak turun ke kawah Condrodimuko. Empat rekannya berhasil turun namun Alam tiba-tiba terjatuh karena tali yang digunakan untuk turun terputus," ujar Yahya.

Rekan Alam yang selamat kemudian melaporkan kejadian itu ke petugas SAR gunung Lawu. Tim SAR gabungan yang memperoleh informasi itu langsun menuju lokasi guna memberi pertolongan. 

"Pukul 09.00 WIB kami menerima info dan langsung memberangkatkan satu tim dari Pos SAR Surakarta untuk melakukan evakuasi disertai peralatan vertical rescue," ujar dia.

Proses evakuasi berjalan cukup lama mengingat kendala medan di kawah yang berkedalaman sekitar 10 meter. Setelah lima jam, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi pada pukul 15.30 WIB. 

Saat dievakuasi, Alam dalam kondisi sadar namun mengalami sejumlah cedera di beberapa bagian tubuhnya 

"Korban dievakuasi dalam keadaan sadar, namun mengalami cedera di kepala akibat benturan serta kaki terkilir. Selanjutnya survivor dibawa ke RSUD Karanganyar untuk penanganan lebih lanjut," ucap dia. []

Baca juga: 

Berita terkait
Makna di Balik Ritual Mahesa Lawung Keraton Solo
Keraton Kasunanan Surakarta menggelar ritual menanam kepala kerbau. Ritual ini sudah ada sejak era Mataram Hindu. Ritual ini penuh makna.
Viral 'Topi' Memayungi 7 Gunung Termasuk Gunung Lawu
Awan membentuk topi, cantik tapi berbahaya, memayungi Gunung Lawu, Merbabu, Semeru, Merapi, Sindoro, Arjuna, dan Rinjani. Lihat foto-fotonya.
Dalam Dekap Malam di Gunung Lawu
Dalam dekap malam yang dingin, harus segera diputuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Sendang Drajat.
0
Kondisi Sabo Dam Sejumlah Sungai Berhulu di Merapi
BPBD Sleman memastikan kondisi Sabo Dam di sejumlah sungai yang berhulu di Gunung Merapi masih aman.